Posted in Celotehan

Amartha Fintech: Persingkat Koneksi Antara Pemodal dan Entrepreneur

Amarta Fintech adalah startup berawal dari keinginan untuk memberikan solusi bagi seorang perempuan desa yang mengalami kesulitan untuk membuka kembali warungnya. Padahal modal awal untuk warung tersebut hanyalah 500 ribu.

Kemudian berdirilah cikal bakal Amartha Fintech yaitu Lembaga Keuangan Mikro yang bertujuan untuk menjembatani pelaku usaha di pedesaan dengan keterbatasan akses permodalan. Amarthakemudian memodernisasi segmentasi permodalan usaha mikro dengan peer-to-peer lending untuk masyarakat unbanked di Indonesia. Yaitu tingkat masyarakat dengan ekonomi lemah yang tak memenuhi kedalam persyaratan bank. Mereka dapat memperoleh pinjaman antara Rp 3-10 juta.

Berdasarkan karakter perusahaan Amrtha ini, Mandiri Capital Indonesia (MCI) memberikan investasi startup fintech dalam bidang P2P Lending (peer-to-peer lending) Amartha. Secara singkat, P2P lending adalah platform perusahaan keuangan yang mempertemukan para pemberi pinjaman (investor) dengan para pencari pinjaman (borrower) jadi satu.
Lokasi perusahaan ini yang berada di Pasar Santa dipilih untuk mendekati segmentasi mereka. Beberapa masyarakat unbanked ini memang berada di pasar, sehingga diharapkan dapat menyentuh target tersebut secara langsung.
Amartha juga menyediakan platform situs web untuk peminjam online agar mereka dapat mengakses informasi peminjam secara menyeluruh seperti pembiayaan, latar belakang, hingga skor kredit yang dimiliki untuk menganalisa kelayakan calon peminjam dan lain sebagainya. Cara untuk aplikasinyapun memudahkan masyarakat ekonomi lemah dengan cara yang user friendly.

Dengan pengalaman lebih dari tujuh tahun di segmen pembiayaan mikro, jaringan yang kuat di pelosok daerah, Amartha mendukung visi Bank Mandiri untuk meningkatkan inklusi keuangan ke seluruh tanah air. Amartha dapat menambahkan value sebagai salah satu portolio investasi Mandiri Capital Indonesia.

Oleh sebab itu Mandiri Capital Indonesia baru-baru ini memberikan dana sebesar 5 Milyar kepada Amartha. Selain MCI, investor lain yang berpartisipasi dalam pendanaan ini antara lain Lynx Asia Partners dan investor yang telah bergabung sebelumnya yaitu Beenext dan Midplaza Holding.

Melalui kerja sama dengan Mandiri Capital Indonesia, Amartha berencana untuk tumbuh secara agresif dan memberikan dampak yang semakin luas bagi masyarakat unbanked di Indonesia. Calon peminjam biasanya memerlukan modal untuk keperluan membuka warung atau budidaya ikan.

 

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs www.jadimandiri.org

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s