Posted in Celotehan, produktifitas

9 Alasan Sederhana untuk Hidup Minimalis

Begitu banyak tren dan gaya hidup di masa kini, semakin sibuk pula kita dengan hal-hal yang mengalihkan kita dari apa yang sebenarnya kita butuhkan. Oleh sebab itu, muncullah gaya hidup baru yang semakin banyak diikuti oleh banyak orang yang lelah dengan keruwetan hidup, yaitu gaya hidup minimalis.

Gaya hidup minimalis mengusung prinsip “less is more” atau “sedikit artinya lebih”. Pengikutnya tidak memiliki banyak barang sehingga hidupnya lebih sederhana.

Merasa tidak optimis dapat mengikuti gaya hidup ini karena sayang dengan barang-barangmu? Yuk kita intip 9 alasan sederhana untuk mencoba gaya hidup ini.

1. Mengurangi Waktu Bebersih

 

201606231222-1024x614

Dengan lebih sedikit barang, maka tugas bebersih yang harus kamu lakukan otomatis juga akan lebih sedikit. Sehingga kamu punya lebih banyak waktu untuk mengurusi hal-hal lain yang lebih menyenangkan.

 

2. Rapi

 

Utensils lie in a kitchen drawer in the home of minimalist Saeko Kushibiki in Fujisawa, south of Tokyo, Japan, March 31, 2016. REUTERS/Thomas Peter SEARCH "MINIMALISM" FOR THIS STORY. SEARCH "THE WIDER IMAGE" FOR ALL STORIES

Hidup minimalisme juga lebih rapi dan bersih. Tidak ada tumpukan barang berantakan atau sudut-sudut tak tersentuh yang sulit dibersihkan. Hidup minimalis membuat ruanganmu tampak lebih menarik. Dengan ruangan yang lebih besar, lega, rapih, kamu akan merasakan aura ruangan yang terasa tenang dan tidak semrawut

 

 

3. Ketenangan Pikiran

sit-during-zen-meditation-step-11-1

Mengikuti prinsip Zen, gaya hidup minimalisme juga berarti meminimalisir pengalihan yang tidak penting dari kebenaran sejati, yaitu ketenangan hidup. Sehingga, kamu tidak akan pusing mengikuti tren terbaru, memikirkan apa yg belum dimiliki, tidak takut kehilangan barang yang sedemikian bertumpuk dan lain sebagainya.

 

4. Fokus pada Hal-Hal yang Benar-Benar Penting

 

Two-and-a-half year old Ei, the daughter of minimalist Naoki Numahata, sits in the family living-room in Tokyo, Japan, March 4, 2016. REUTERS/Thomas Peter SEARCH "MINIMALISM" FOR THIS STORY. SEARCH "THE WIDER IMAGE" FOR ALL STORIES

Gaya hidup minimalisme bukan sekadar mengurangi barang tapi lebih pada memberikan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting untuk kamu. Sehingga hal-hal yang benar-benar dicintai dapat lebih jelas terlihat. Barang kesukaanmu juga akan lebih sering ditengok. Kamu juga akan dapat fokus pada hal-hal selain materi yang benar-benar penting dan kamu cintai, seperti keluarga, kesehatan, hobi dan lain sebagainya.

 

5. Menyehatkan

modern-residence-10-3

Tempat yang rapih, lega dan bersih mampu meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan. Tanpa pernak-pernik rumah yang tidak perlu, maka kita akan dimanjakan dengan lingkungan yang bersih, lega dan santai.

 

6. Lebih Percaya Diri

designsponge_kylequilici_13-500x750

Dengan tidak memperdulikan hal-hal yang tidak penting, kamu akan menjadi lebih fokus. Sehingga, kamu akan menemukan tujuan hidup yang lebih baik. Dengan begitu, dengan sendirinya kamu akan lebih percaya diri.

 

7. Ekonomis

The bathroom cupboard of minimalist Fumio Sasaki is seen in Tokyo, Japan, February 19, 2016. REUTERS/Thomas Peter SEARCH "MINIMALISM" FOR THIS STORY. SEARCH "THE WIDER IMAGE" FOR ALL STORIES

Dengan lebih sedikit barang yang harus diurusi dan tidak banyak barang yang ingin dibeli, maka hidupmu akan lebih hemat. dengan sendirinya tabungan mu akan semakin bertambahn. Masa depan keuanganmu pun akan lebih cerah.

8. Terorganisir

minimalist-home-office-design

Kamu akan lebih mudah untuk mengetahui apa saja barang-0barangmu. Akibatnya kamu akan lebih mudah menata dan mengelolanya. Terlebih lagi, kamu akan lebih mudah menemukan barang-barangmu.

9. Bahagia

dsc_8292

Yang terpenting, dengan meningkatnya kualitas hidupmu dengan berbagai keuntungan di atas, kamu juga akan lebih bahagia dengan hidupmu. Bukankah kebahagiaan lebih penting daripada barang?

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s