Posted in Celotehan

5 Prinsip Entrepreneurship Bob Sadino yang Perlu Kamu Tiru

Bob Sadino, sang entrepreneur jutawan ini merupakan seorang pribadi yang unik. Dengan modal nekad dan tekad kuat, ia berhasil

1. Jangan Terlalu Fokus Pada Tujuan

ilbv-too-focused
via weasly.com

Hampir semua motivator bisnis akan mendengungkan pentingnya memiliki tujuan. Namun lain halnya dengan Bob Sadino. Menurutnya tujuan malah hanya akan jadi belenggu.

Walaupun memiliki tujuan itu sangat bagus, namun tujuan juga dapat membuat seorang entrepreneur menjadi tertuju hanya pada satu titik. Akibatnya dia tidak akan berusaha untuk mendapatkan hasil yang bahkan bisa melebihi tujuan dia semula.

Menurut Bob, semua orang memiliki potensi untuk mencapai titik yang tidak ia sangka sebelumnya. Jadi, buang jauh-jauh tujuan dan mengalir saja dengan impianmu.

 

 

2. Jangan Memperumit Keadaan

via howtobeast.com

Banyak orang pintar yang mati kutu ketika memulai suatu bisnis. Menurut pengusaha nekad ini, hal ini adalah kelemahan dari banyak orang. Mereka terlalu berencana namun tidak segera melangkah. Padahal menurutnya yang penting adalah aksi dan rencana adalah racun.

 

3. Jangan Takut Rugi

profit-loss-management
via infiniteaccounting.com

Bob selalu menekankan pentingnya mencoba segala sesuatunya. Jangan pernah takut gagal dan fokus mencari keuntungan. Jika belum-belum sudah mencari untung dan takut rugi maka seorang entrepreneur malah akan takut bergerak. Tapi kalau dia berbisnis untuk mencari rugi, akhirnya dia tak takut untuk bergerak karena tidak takut untung.

Pemikiran yang gila tapi buktinya berhasil untuk Bob Sadino. Ayo cari kegagalan!

 

4. Ciptakan Pasar Sendiri

p1
boostit.net

Ketika ia pertama kali menjalani bisnis nya di bidang telur ayam negeri, banyak yang menganggap dia gila. Karena saat itu di Indonesia bisnis telur ayam mendominasi. Ia kemudian mencari cara lain dengan memasarkan produknya ke orang asing. Inilah yang memulai bisnis Kemfood dan Kemchick yang menghantarkannya ke kesuksesan.

Ia kemudian merambah ke pasar holtikultura atau usaha sayur-sayuran yang tidak biasa. Sekali lagi ia sukses dengan ide gilanya.

Dengan semua pengalaman bisnisnya, ia sudah pasti memiliki ilmu yang mumpuni dalam entrepreneurship. Namun ia tidak pernah mau membaginya. Bukan karena pelit, tapi karena ia tidak mau orang lain mejadi fotokopi.

Bagi Bob, seseorang harus membuka jalannya sendiri. Merasakan semua pengalaman berbisnis dan menciptakan ilmunya sendiri.

 

 

5. Jangan Merasa Lebih

store-manager-talking-to-staff
Via metrogroup.de

Walaupun ia adalah seorang miliuner dengan jumlah pegawai 1.600 orang, namun ia tidak pernah jumawa. Pakaian kesukaannya adalah kaos dan celana pendek. Sombong dan angkuh jauh dari kesehariannya yang sederhana. Menurutnya seseorang harus selalu menjaga kesederhanaannya dan tidak boleh angkuh hanya dengan menjadi seorang pengusaha kaya.

Kesederhanaannya sudah terlihat dari muda. ia adalah seorang pewaris dari keluarga yang kaya. ketika orang tuanya meninggal, Bob sadino mengambil sebagian uang warisannya untuk berkelana keliling dunia. Setelah 9 tahun menempa diri, ia pulang ke Indonesia.

Tanpa pengalaman bekerja, ia bersedia melakukan berbagai macam pekerjaan, mulai dari menjadi supir, tukang batu sampai peternak ayam. Apakah kamu siap untuk melakoni kesederhanaan dan kerja keras Bob sadino?

 

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

 

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s