Posted in Celotehan

5 langkah membuat Rencana Keuangan sederhana 

Rencana keuangan sangat penting untuk memastikan bahwa pengelolaan uangmu dapat dijalankan dengan tepat dan sesuai. Rencana tersebut pada intinya adalah strategi untuk menentukan kemana uangmu akan dialokasikan, misalnya ketika kamu ingin membayar semua hutangmu dan tetap dapat mencicil rumah. Gunakan langkah-langkah sederhana ini untuk membuat rencana keuanganmu:

 

Tentukan Arahmu

via lifehacker.com
via lifehacker.com

Dengan membuat tujuan dan target, kamu dengan sendirinya menciptakan pendorong bagi rencana keuanganmu. Buat tujuan secara spesifik dan realistis. Ukur kemampuanmu dan jangan malah kewalahan dengan tujuan yang kamu tetapkan.

Buat tujuan dalam tiga kelompok, yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Rencana jangka pendek biasanya satu tahun, sedangkan jangka menengah biasanya antara dua sampai lima tahun, dan jangka panjang adalah rencana yang lebih dari lima tahun dari sekarang.

Misalnya, jika rencana jangka panjangmu adalah membeli rumah dalam waktu 10 tahun, maka kamu ahrus mulai mencari rumah yang cocok dan berapa harganya. Rencana jangka panjangmu untuk rumah harus didasarkan pada berapa down payment-nya, berapa kredit yang kamu mampu bayar per bulan dengan semua pengeluaran, serta berapa lama kamu harus mencicil sampai lunas. Dengan begitu kamu bisa mulai membuat timeline rencana jangka panjang untuk pembelian rumah.

 

Ciptakan Batu Loncatan

via euroland.ekablog.com
via euroland.ekablog.com

Ciptakan kemenangan-kemenangan kecil selama kamu menuntaskan tujuan rencana keuanganmu. Kemenangan kecil ini akan memotivasimu untuk terus menjalankan rencana keuanganmu dan memperlihatkan perkembangan nyata daris emua upayamu.

Misalnya, jika rencana jangka panjangmu adalah membeli rumah, maka kamu dapat membuat pencapaian kecil seperti hutang kartu kredit tahun ini agar bisa menambah tabungan rumah. Dengan begitu, selain kamu akan bisa memiliki rencana jangka pendek yang dapat dirasakan manfaatnya lebih cepat, salah satu upaya untuk mencapai rencana jangka panjangmupun tercapai. Sehingga kamu bersemangat untuk menggenapi rencana jangka pendek atau mengenah lain agar dapat terus berusaha mencapai rencana jangka panjang.

 

Tentukan Tujuan Bulanan

via lls.org
via lls.org

Jika kamu sudah tahu berapa uang yang harus kamu miliki untuk memenuhi rencana keuanganmu, maka kamu bisa mulai membuat tujuan bulananmu. Jika kamu tidak memiliki keadaan keuangan yang mencukupi untuk memenuhi kewajiban bulanan untuk mencapai rencana keuanganmu, coba liat pengeluaranmu dan periksa apakah ada yang bisa disesuaikan atau dihemat. Jika masih tidak mencukupi juga, maka kamu perlu memperpanjang jangka waktu rencana keuanganmu, mengubah prioritas, atau mencari cara untuk menambah pemasukan.

 

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s