Posted in Celotehan

Mau Masak Ala Raja-Raja? Ini Dia 7 Bahan Makanan Termahal Di Dunia

Jika kamu senang wisata kuliner, pasti kamu tahu bahwa bahan masakan dan tempat dimana masakan itu dibuat menentukan segalanya. Berarti kamu harus tahu bahan-bahan makanan termahal dari seluruh dunia ini. Untuk mendapatkannya, kamu harus memiliki keadaan finansial yang sangat baik. Dua dari 7 bahan makanan tersebut berasal dari Indonesia loh.

1. Jamur “White Alba Truffle” dari italia

14-white-truffles-105-million-w710-h473-2x

Jamur truffle ini bukan seperti jamur merang atau kuping yang sering kita makan di warung nasi goreng. Jenis jamur truffle yang paling berharga ini adalah White Alba Truffle. Jamur truffle dari Italia Utara ini dihargai 275 dolar AS (sekitar 3 juta rupiah) sampai 2.000 dolar AS (26 juta rupiah) per pon. Makanan ini hanya tersedia saat musim panen di bulan Oktober.

Terlebih lagi, jamur ini semakin sulit dipanen karena begitu banyaknya perubahan alam. Bahkan bukan tak mungkin suatu hari akan punah.

Jamur terbesar yang pernah dipanen beratnya 1,51 kg dan terjual seharga 160.000 dolar AS atau sekitar 2 milyar rupiah! Padahal sih, jamur ini baunya seperti baju yang basah karena keringat. Kamu tertarik mencoba?

2. Melon Yubari King

159baa5eb0836be7f5ed98afc9e57ada7f7fdbb1big-1

Buah melon ini bukan jenis melon yang banyak dijual di pasar Senen. Melon Yubari King, sesuai namanya memang cocok disajikan untuk para raja.

Melon Yubari King memiliki daging berwarna oranye dan terkenal karena kesempurnaan proporsinya serta rasanya yang manis. Saking populernya, buah ini sampai dijual dalam lelang. Siapa yang berani membayar paling mahal akan mendapatkan buah ini.

Pada tahun 2008, sebuah melon Yubari King terjual dengan harga luar biasa. Melon ini dibeli oleh seorang pengusaha restoran dan toko suvenir seharga 23.000 dolar AS atau sekitar 300 juta rupiah.

3. Kaviar Almas

caviar-house-29-10-2014-0118

Kaviar sudah terkenal di seluruh dunia karena harganya yang mahal. Sepertinya di banyak film-film mancanegara, kaviar hampir selalu muncul saat adegan gala dinner.  Namun, dari semua jenis kaviar di dunia, kaviar Almas adalah yang paling superior. Saking eksklusifnya, kaviar Alma biasanya dijual dalam wadah emas.

Kaviar Almas berwarna seperti mutiara putih dan memiliki tekstur yang seperti spons. Diambil dari ikan langka yaitu beluga albino dan hanya dipilih yang berusia 60 sampai 100 tahun. Ikan-ikan ini beratnya dapat mencapai 100 kilogram dan paling mudah ditemui di Iran.

4. Kuma-Kuma/Saffron

where-does-saffron-come-from_8fba8b5a-93cb-4750-aa71-b2bb5123c93c

Berwarna merah menyala, rempah-rempah ini sekilas menghasilkan masakan yang berwarna seperti kunyit yang dicampur cabai. Namun, kuma-kuma ini harganya fantastis. Dijuluki sebagai rempah-rempah para raja, saking mahalnya, kuma-kuma/saffron hanya dibubuhi untuk masakan-masakan istimewa.

Memerlukan sekitar 150 bunga untuk menghasilkan satu gram kuma-kuma. Tidak heran harganya mencapai 2.000 sampai 10.000 dolar AS. Cara memanennya pun menguras waktu dan energi karena harus dilakukan dengan cara tradisional yang sudah dilakukan turun-temurun sejak ratusan tahun lalu.

Bunga saffron yang menghasilkan rempah-rempah ini hanya hidup di daerah-daerah beriklim ektrem dengan musim panas yang kering dan musim dingin yang menggeretakkan tulang. Seperti Torbat-E Heidarieh di Iran Utara sebagai penghasil kuma-kuma terbesar.

5. Sarang Burung Walet

edible_birds_nest_in_decorative_packaging

Bahan makanan yang satu ini pasti kamu sudah sangat kenal. Mungkin kamu sudah pernah makan di restoran cina kelas atas karena memang harganya selangit.

Dihargai sebanyak 4.5000 dolar AS atau 30 juta rupiah, sarang burung walet adalah salah satu makanan termahal di dunia. Terbuat dari air liur burung walet yang hanya hidup di gua-gua tinggi dan terjal. Untuk mengambilnya memerlukan kerja keras dan taruhan nyawa.

Sarang burung walet juga terkenal karena sejumlah manfaatnya untuk kesehatan. Yang menarik, produsen terbesar di dunia adalah Indonesia. Diikuti oleh Malaysia dan Cina.

6. Daging Wagyu Kobe

srfbeef-goldbrisket-raw_1

Wagyu jika diterjemahkan secara langsung artinya adalah sapi Jepang. Terkenal karena daging marmernya, yaitu lemak intraotot yang menghasilkan rasa yang luar biasa lezat.

Daging ini dinamakan dari daerah asalnya, dan daerah penghasil yang paling terkenal adalah Kobe. Rasanya yang gurih berpadu dengan tekstur yang lembut sehingga banyak yang menjelaskan rasanya seperti meleleh di mulut.

Daging Wagyu sudah banyak dijual di selutuh dunia. Bahkan di Indonesiapun sudah banyak restoran kelas menengah yang menjual steak wagyu. Namun, kamu belum pernah mencoba daging wagyu yang sebenar-benarnya sebelum kamu mencoba wagyu Kobe.

7. Kopi Luwak

feature_indonesia_kopiluwak1

Kopi yang satu ini sudah terkenal di seantero bumi. Saking terkenalnya, kopi ini bahkan dibahas di banyak film terkenal seperti The Bucket List yang dibintangi oleh Jack Nicholson dan Morgan Freeman.

Di dalam film tersebut, seorang miliarder yang diperankan oleh Jack Nicholson memiliki kegemaran meminum kopi luwak yang berasal dari Indonesia. Dia membanggakan cita rasanya yang luar biasa sehingga wajar harus dibeli dengan harga mahal.

Di akhir film, dia baru mengetahui bahwa kopi luwak berasal dari biji kopi yang diambil dari kotoran luwak. Dia dan temannya (diperankan oleh Morgan Freeman) akhirnya tertawa terpingkal-pingkal karena setelah sekian lama membanggakan kopi luwak, ternyata asalnya dari kotoran hewan.

Kopi ini memiliki cita rasa tinggi karena Luwak hanya memakan biji kopi yang matang dan berkualitas paling tinggi. Setelah diproses dengan hati-hati, kopi yang dihasilkan memiliki cita rasa kuat dan kaya yang sangat dihargai oleh para penikmat kopi.

Jadi, kamu mau bikin masakan apa? Kari ayam bumbu kuma-kuma atau sate wagyu Kobe?

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org


Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s