Posted in Uncategorized

Keunikan Kuliner Kota Kupang

Selama perjalanan di Kupang, ada satu hal yang sangat membekas di ingatan saya. Hidangan ikannya.

Sejauh pengalaman saya mengikuti seminar atau training saat dinas kantor di luar kota, makan siang selalu dihidangkan ala buffet. Di tiap daerah, pasti akan ada hidangan khas yang diselipkan pada meja buffet. Namun, biasanya tidak akan terlalu mencolok mata.

Kali ini saya benar-benar tertarik. Di meja, teronggok ikan besar dengan gigi-gigi tajam menyerupai ikan prehistorik. Tentu saja saya tidak buang waktu untuk ambil foto banyak-banyak dengan kamera saya. Sampai akhirnya diperhatikan oleh para peserta pelatihan yang menunggu saya selesai foto-foto. Mereka memang ramah.

Saya jadi makin tertarik untuk berburu makanan khas Kupang. Akhirnya, di hari terakhir, dengan hanya beberapa jam saya berkeliling untuk membeli dan merasakan hidangan kuliner khas Kupang. berikut beberapa hidangan yang saya cicipi dan akhirnya saya bawa pulang sebagai oleh-oleh:

Se’i adalah daging asap yang khas berasal dari Propinsi Nusa Tenggara Timur. Daging dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh, sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. Terdapat se’i dari daging sapi dan daging babi, bahkan akhir-akhir ini terdapat juga se’i dari daging ikan. Apabila baru diasap, daging ini bisa langsung dimakan dengan mengirisnya tipis. Namun apabila daging ini telah disimpan beberapa hari, maka harus digoreng kembali, atau dimasak dalam tumisan bunga pepaya dan sayur-mayur lain.

asoka-babi-se-i-kupang-2

Gula lempeng khas Kupang bisa dimakan seperti permen atau digunakan untuk menikmati kopi dan teh. Gula ini menarik untuk dibeli karena cara membuatnya yang masih tradisional dan rasanya yang berbeda dengan gula jawa yang biasa saya beli.

nira-4.jpg

Tidak lupa saya juga membeli beberapa kacang kenari yang rupanya cukup populer di kawasan Indonesia Timur termasuk Kupang. Selain itu, berbagai kudapan dan kue kering berbahan kenari pun tidak lupa saya beli. Rasanya legit dan enak.

257925_76286aa7-fcd3-4804-a38c-2d74a79404c0.jpg

Puas sudah berburu makanan khas Kupang, akhirnya saya rela pulang ke Jakarta. Sebenarnya masih sangat kurang perjalanan saya kali ini ke Kupang. Dari cerita orang setempat, masih banyak yang bisa dicoba. Terutama ikan-ikan besar lain seperti yang saya makan di saat lokakarya. Ah tak mengapa. Lain kali pasti saya akan datang lagi ke Kupang.


 

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Keunikan Kuliner Kota Kupang

Leave a Reply

