Posted in Uncategorized

Kupang: Paduan Urban dan alam di Indonesia Timur

Waktu pertama kali diberi kabar kalau saya akan dikirim ke kota Kupang, ingin rasanya teriak senang. Akhirnya bisa menjejakkan kaki ke Indonesia bagian timur.

Berbekal googling di internet dan tanya-tanya teman kantor yang sudah pernah ke Kupang, akhirnya saya berhasil merencanakan jalan-jalan singkat di tengah perjalanan dinas.

Kami berangkat pagi-pagi sekali dari bandara. Untungnya cuaca terang dan matahari bersinar. Mendekati kota Kupang, kami dapat melihat garis pantai pulai Dewata Bali bergerak menuju NTT.

Tiba di bandara, kami dijemput oleh mobil dinas pemerintah daerah yang mengantarkan kami ke wisma tempat kami menginap. Sepanjang jalan kami melihat pemandangan yang jauh lebih sepi dari di pulau Jawa.

Sampai di kota Kupang hari masih siang dan training belum dimulai. Tentu saja saya dan beberapa rekan kerja tidak membuang waktu untuk pergi keluar dan mengunjungi pantai yang terletak dekat dengan wisma.

Saat kami tiba di pantai, terlihat pemandangan yang tidak biasa. Pantai bersih dengan laut biru yang biasanya hanya ada di tempat-tempat yang jauh dari peradaban di sini langsung bersinggungan dengan kota. Jalan yang relatif sibuk langsung berpotongan dengan pantai.

Di sepanjang pantai dapat jeals terlihat binatang dan bebatuan yang ada di dalam air. Pantai di kota Kupang ini memang pantai batu.

Tak lama kami menikmati pemandangan yang mempesona, tiba-tiba salah satu rekan berteriak, “Hey lihat! National Geographic!”. Penasaran kami semua berkecipak-kecipuk berlarian di pantai menuju rekan kami itu. Ketika kamu temuka, dia sedang menunjuk ke satu arah di laut dangkal tempat kami bermain air. Ternyata tidak salah dia berteriak.

Di tempat yang dia tunjuk, kami bisa melihat terumbu karang lengkap dengan biota alam yang manpak damai berenang-renang di anataranya. Dapat terlihat ikan badut dan beberapa ikan transparan kecil. Sekelumit National Geographic kami menyebutnya. Cantik sekali.

rimg0167

Tentu saja untuk menghormati alam, kami sama sekali tidak menyentuh sekelumit surga bawah air tersebut. Namun kami puas berfoto bersama Nemo.

Tidak puas, dan masih ada waktu sampai malam hari waktu kami beristirahat untuk melanjutkan kerja keesokan harinya, kami memutuskan melanjutkan jalan-jalan ke kota. Di Kupang, setidaknya di daerah yang saya tempati hanya lewat satu jurusan angkot. Angkot yang mengantarkan bolak-balik di satu jalan tersebut.

Kota Kupang merupakan kotamadya dan sekaligus ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Namun jangan bayangkan seperti kota Jakarta atau kota-kota besar lain. Kota Kupang adalah kota yang terasa kecil dan damai. Orang-orangnya sangat sopan dan ramah.

Kami hanya memiliki waktu hari ini dan beberapa jam sebelum pulang. Maka kami tidak dapat bepergian terlalu jauh. Namun kami cukup puas berkeliling kota Kupang dan berbelanja cendera mata di beberapa toko cendera mata dan supermarket yang menjual makanan khas NTT.

Salah satu cendera mata yang sebenarnya ingin saya beli adalah tenunan khas Kupang. Namun harganya yang mahal mengurungkan niat saya.  Pasalnya saya bukan pecinta kain. Takutnya kain cantik tersebut malah hanya akan menjadi penghuni lemari.

Satu hal yang unik dari kota Kupang dan umum di hampir semua Indonesia Timur adalah cara orang setempat memanggil perempuan. Jika masih muda makan akan dipanggil nona. Jika sudah agak berumur maka akan dipanggil mama. Kami senyum-senyum saja ketika salah seorang rekan kerja tercengan ketika dipanggil mama.

Di akhir perjalanan dinas, kami hanya sempat berkeliling pantai sejenak untuk mengucapkan sampai jumpa. Dengan harapan, suatu hari kami dapat berkunjung kembali ke kota Kupang dengan pantai indahnya.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.