Posted in Uncategorized

Tangerang: Kota Industri Dengan Dukungan Gas Bumi

PGN terus berkomitmen mengembangkan jaringan pipa gas bumi di Indonesia. Kali ini wilayah Tangerang, Banten, turut menikmati realisasi dari komitmen PGN.

Perluasan jaringan energi baik ini kini makin agreasif tersebar di Tangerang. Langkah tersebut dilakukan untuk memenuhi permintaan penyambungan konsumen baru.

Sales Area Head PGN untuk Tangerang Sonny R. Abdi mengatakan, PGN telah mengembangkan jaringan pipa gas bumi di setiap kawasan industri di wilayah Tangerang. Jaringan tersebut tiap tahunnya akan terus ditambah.

PGN ingin semua wilayah di Tangerang mendapat akses gas bumi. Alasannya, pengembangan jaringan tersebut memang sesuai dengan permintaan yang ada. Ke depannya akan mencakup ke Bintaro, pada satu dua tahun ke depan. Semua kawasan Tangerang akan dibangun jaringan pipa, seperti Bitung, Cikande, Tigaraksa.

Selain kawasan industri, PGN juga mengembangkan jaringan gas bumi untuk rumah tangga. Pada tahun ini PGN telah menambah seribu jaringan gas rumah tangga.Tahun ini sudah dilakukan pengembangan seribu sambungan, yang sudah ada sudah sekitar 2.000 sambungan dan bertambah 1.000 tahun ini.

Secara nasional, PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

PGN telah memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 7.200 km atau 78 persen pipa gas bumi nasional. Adapun wilayah operasi PGN mulai dari Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara hingga Papua Barat.

PGN juga telah meresmikan proyek pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga di area Tangerang, Banten. Melalui pembangunan fasilitas jaringan distribusi gas ini akan lebih banyak masyarakat yang menikmati manfaat gas bumi sebagai energi baik yang ramah lingkungan, aman dengan harga terjangkau.

Peresmian proyek pipa gas rumah tangga ini dilaksanakan di Perumnas II Karawaci, Kelurahan Kelapa Dua, Karawaci, Tangerang. Hadir dalam peresmian ini, Direktur SDM dan Umum PGN Hendi Kusnadi, General Manajer SBU I Suko Hartono, Pemerintah Kabupaten Tangerang, DPRD Kabupaten Tangerang dan warga.

Pembangunan pipa distribusi gas rumah tangga di Tangerang ini merupakan bagian dari Gerakan PGN Sayang Ibu. Melalui gerakan ini PGN menargetkan pembangunan jaringan pipa rumah tangga hingga satu juta satuan sambungan yang dimulai pada tahun ini dan berkesinambungan di tahun-tahun selanjutnya.

PGN Area Tangerang memiliki dan mengoperasikan pipa sepanjang 75,8 kilometer yang ditujukan untuk melayani pelanggan rumah tangga dan komersial. Peningkatan pelayanan dan pengembangan jaringan distribusi gas ini merupakan bagian dari upaya PGN untuk mendukung program transformasi energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Gas Bumi.

Untuk tahun ini, PGN menganggarkan dana USD200 juta atau sekitar Rp2,4 triliun untuk pembangunan jaringan pipa gas baru di berbagai wilayah Indonesia. Melalui pembangunan jaringan baru ini diharapkan akan lebih banyak rumah tangga yang menikmati gas bumi yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan aman.

Selain untuk rumah tangga, industri dan komersial, PGN juga membangun infrastruktur gas untuk transportasi. Tahun ini, PGN akan membangun 16 SPBG dan MRU di Jakarta, Surabaya dan Sukabumi.

Jika memakai gas bumi PGN, warga rata-rata hanya mengeluarkan uang langganan sebesar Rp40.000. Bandingkan dengan memakai gas elpiji yang per tabung nya (ukuran 12 kilogram) harganya lebih dari Rp100.000.

Di kawasan Tangerang, beberapa perumahan sudah mendapatkan aliran gas dari PGN. Misalnya Perumnas Karawaci, Perumahan Cimone, Perumahan Harapan Kita, Perumahan Palem Semi dan beberapa perumahan lainnya sejak 1999.

Saat ini, di kawasan Tangerang sudah ada sekitar 5.520 rumah tangga dan komersial yang menikmati gas bumi dari PGN, dan direncanakan terus bertambah. Selain rumah tangga, PGN juga melayani pelanggan usaha kecil seperti rumah makan dan restoran dalam penyediaan gas bumi.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s