Posted in Uncategorized

Program Penyaluran Gas Bumi Sayang Ibu: kado PGN untuk Ibu

PGN berkomitmen untuk terus memperluas jaringan gas bumi sebagai energi baik, terutama untuk penggunaan rumah tangga. Melalui Program PGN Sayang Ibu, mengingat perayaan hari Ibu kemarin, rasanya tidak heran jika PGN semakin menggenjot programnya yang satu ini.

Salah satu wilayah yang telah mendapatkan manfaat energi baik gas bumi PGN adalah Kota Medan, Sumatera Utara. Saat ini ada 20 ribu rumah tangga di kota ini yang memasak menggunakan bahan bakar gas bumi.

Banyak manfaat yang dirasakan rumah tangga dengan memasak menggunakan gas bumi. Salah satunya seperti diutarakan Aisyah, warga Perumahan Beringin VIII, Gaperta Medan.

Aisyah adalah salah seorang ibu rumah tangga yang sudah menjadi pelanggan PGN selama 5 tahun terakhir. Selama memasak pakai gas bumi ia mengaku semuanya aman. Tidak ada kekhawatiran meledak, apinya biru dan masakan cepat matang. Dia menambahkan, manfaat paling dirasakannya adalah hemat karena setiap bulan dirinya hanya membayar tagihan pemakaian gas bumi kurang dari Rp 50 ribu per bulan.

Ibu dua anak ini menambahkan lagi, keuntungan lainnya masak pakai gas bumi yakni tidak perlu khawatir kehabisan gas. Apalagi PGN aktif melakukan sosialisasi cara penggunaan gas bumi, bagaimana cara menanggulanginya bila terjadi kebocoran.

Kepala Area PGN Medan Sabaruddin mengatakan, PGN terus berkomitmen untuk memperluas pemanfaatan gas bumi. Di Medan misalnya, selain melayani pelanggan rumah tangga, PGN juga mengalirkan gas bumi bagi berbagai segmen mulai dari UKM, komersial (rumah sakit, mal) dan industri. Hingga akhir Januari 2016 panjang pipa  yang dimiliki PGN lebih dari 6.971 km.

PGN telah mengalirkan gas bumi bagi lebih dari 107 ribu rumah tangga. Adapun pelanggan industri dan pembangkit listrik mencapai 1.529 , komersial  dan Usaha Kecil Menengah sebanyak 1.857 pelanggan. PGN menyalurkan gas bumi mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu pada 2016 ini PGN juga mendapatkan penugasan dari Kementerian ESDM untuk membangun sebanyak 49.000 jargas rumah tangga.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s