Posted in Uncategorized

Gas Bumi Menyulut Industri Tangerang

Perluasan jaringan gas bumi PGN kini makin agreasif tersebar di Tangerang. Langkah tersebut dilakukan untuk memenuhi permintaan penyambungan konsumen baru.

Sales Area Head PGN untuk Tangerang Sonny R. Abdi mengatakan, PGN telah mengembangkan jaringan energi baik ini di setiap kawasan industri di wilayah Tangerang. Jaringan tersebut tiap tahunnya akan terus ditambah.

PGN ingin semua wilayah di Tangerang mendapat akses gas bumi. Alasannya, pengembangan jaringan tersebut memang sesuai dengan permintaan yang ada. Ke depannya akan mencakup ke Bintaro, pada satu dua tahun ke depan. Semua kawasan Tangerang akan dibangun jaringan pipa, seperti Bitung, Cikande, Tigaraksa.

Pasalnya Tangerang memang menjadi salah satu dari 3 (tiga) kota pilot project pengembangan infrastruktur gas bumi dari Perusahaan Gas Negara (PGN). Hal itu diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, di acara Peresmian Proyek-Proyek Infrastruktur Gas Bumi di Stasiun Gas Panaran, Batam, Jumat (30/1/2015).

Dalam acara tersebut, selain meresmikan instalasi gas di Rusun Manis Jaya, Menteri ESDM juga meresmikan intalasi gas di Batam dan Bogor. Rusun Manis Jaya yang terletak di Jalan Bahari, Kelurahan Manis Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, menjadi titik awal pemasangan instalasi gas di wilayah bermoto Ahlakul Karimah tersebut. Rusun Manis Jaya sendiri terdiri dari tujuh tower dan 350 kamar, di mana 336 kamar sudah terpasang instalasi pipa gas.

Walikota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah, yang ikut menghadiri acara berharap agar instalasi pipa gas tersebut nantinya bisa menyasar daerah pemukiman lain di Kota Tangerang. Mengingat harganya sangat terjangkau oleh masyarakat, bila dibandingkan dengan konvensional gas lain semacam LPG.

Selain kawasan industri, PGN juga mengembangkan jaringan gas bumi untuk rumah tangga. Pada tahun ini PGN telah menambah seribu jaringan gas rumah tangga.Tahun ini sudah dilakukan pengembangan seribu sambungan, yang sudah ada sudah sekitar 2.000 sambungan dan bertambah 1.000 tahun ini.

Secara nasional, PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

PGN telah memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 7.200 km atau 78 persen pipa gas bumi nasional. Adapun wilayah operasi PGN mulai dari Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara hingga Papua Barat.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s