Posted in Uncategorized

Bisnis di Bandar Lampung Makin Maju dengan Gas Bumi PGN

Pasokan gas bumi PGN ‎mendorong perekonomian di  Lampung. Saat ini ada 21 pengguna energi baik ini di wilayah tersebut. Harga gas bumi PGN jauh lebih murah ketimbang Bahan Bakar Minyak (BBM). Kondisi ini membuat biaya produksi industri pengguna gas menjadi rendah, sehingga dapat bersaing dengan industri di luar negeri.

Penggunaan gas  bumi dapat menghemat pengeluaran lantaran biaya produksi rendah. Usaha perhotelan salah satunya yang merasakan manfaaat penghematan itu. Dengan penghematan bisa mengembangkan usaha lain.

Saat PGN memasok gas bumi ke 21 pelanggan PGN terdiri dari dua unit pembangkit listrik, tiga hotel dan 16 pelanggan industri dengan rata-rata konsumsi 14 MMBTU per hari.
Konsumen menggunakan gas bumi mend‎apat banyak manfaat. Antara lain harga yang lebih murah ketimbang Bahan Bakar Minyak (BBM), pasokan lebih jauh terjamin karena penyalurannya menggunakan pipa, lebih pasti takarannya karena ada meterannya dan ramah lingkungan.

Secara nasional hingga saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Hingga kini, PGN memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 7.200 km atau 78 persen pipa gas bumi nasional. Adapun wilayah operasi PGN mulai dari Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara hingga Papua Barat.

PGN  juga turut mendukung UKM di Lampung. Sales Area Head PGN Lampung Wendi Purwanto mengatakan, saat ini PGN sedang memasang jaringan gas untuk konsumen rumah tangga di wilayah Lampung. Setelah jaring siap dialiri gas, PGN mengincar UKM sebagai konsumen utama.

Dengan mengalirkan gas ke usaha skala kecil, PGN yakin bisa ikut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Alasannya, harga gas bumi yang dipasarkan PGN lebih murah ketimbang Liquefied Natural Gas (LPG). Oleh karena itu, gas bumi bisa menciptakan pe‎nghematan bagi penggunanya.

PGN akan membangun 12 ribu sambungan jaringan gas rumah tangga yang tersebar pada delapan kecamatan di Lampung tahun depan. Hal tersebut merupakan penugasan dari Kementerian ESDM.

Pembangunan 12 ribu sambungan jaringan gas tersebut akan dimulai di awal 2017 dan selesai akhir 2017. Sumber pendanaan akan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

Secara nasional hingga saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik. PGN hingga saat ini memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 7.200 km atau 78 persen pipa gas bumi nasional.

Adapun wilayah operasi PGN mulai dari Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara hingga Papua Barat. (Pew/Gdn)

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s