Posted in Uncategorized

Gas Bumi Murah Sejak Jaman Kumpeni

Istana Bogor ternyata telah menjadi penikmat gas bumi murah sejak jaman Belanda, atau yangs sering kita sebut jaman kumpeni. Gas bumi menjadi bahan bakar andalan lingkungan Istana Bogor. Penggunaan energi bersih ini untuk mendukung ‎kegiatan operasional salah satu rumah dinas Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Gas bumi untuk Istana Bogor ini dipasok oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. Istana Bogor menggunakan Konsumsi gasnya sekitar 300 meter kubik per bulan, untuk mendukung kegiatan Istana seperti memasak dan pemanas.

Penggunaan energi bersih di Istana Bogor ini dilakukan sejak zaman Belanda. Namun, perkembangan zaman mengubah jenis gas yang digunakan. Sebelumnya menggunakan gas buatan dari hasil gasifikasi batubara atau minyak, kemudian berubah menjadi gas bumi yang kini dipasok PGN. Istana Bogor sudah lama pakai gas kota, sejak zaman Belanda. Ada 13 pelanggan (di istana) termasuk Wisma Pak Presiden.

Memang gas bumi murah adalah pilihan yang paling tepat untuk pengadaan listrik secara intensif yang menggunakan lebih sedikit bahan bakar fosil. Hal ini yang membuat banyak pengamat menyarankan pergeseran penggunaan bahan bakar minyak dan batu bara ke gas bumi.

Terdapat banyak alasan yang menyebabkan gas bumi PGN menjadi sumber energi dunia saat ini.  Selain dapat digunakan untuk semua hal, daari menghangatkan air, menghasilkan listrik, bahkan untuk keperluan mobile seperti masak saat camping, gas bumi jauh lebih murah dari sumber energi lain. Gas bumi juga merupakan sumber energi yang paling aman baik untuk dieksplorasi oleh produsen dan digunakan oleh konsumen. Pasokan gas bumi juga PGN juga lebih dapat dipercaya dan tersedia setiap saat. Gas bumi juga merupakan energi baik dengan pembakaran yang bersih, limbah padat dan polusi air yang lebih sedikit daripada sumber energi lain yang konvensional.

Saat ini pelanggan PGN sudah mencapai 22 ribu pelanggan terdiri dari berbagai jenis. Pelanggan PGN terdiri dari berbagai golongan yaitu rumah tangga, rumah sakit, restoran, hotel, gedung pemerintahan dan industri. Kedepannya, PGN merupakan salah satu kunci utama dari swasembada energi di Indonesia.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Gas Bumi Murah Sejak Jaman Kumpeni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s