Posted in Uncategorized

Ekspansi PGN untuk Gas Bumi Murah

PGN kini semakin menambah pasokan gas bumi murah di Sidoarjo, Blora, dan Batam. Gas bumi ini akan dipergunakan untuk berbagai kebutuhan, baik rumah tangga maupun industri dari berbagai tingkat. Gas bumi murah ini tentu saja disambut baik oleh ke tiga daerah tersebut karena dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daerah.

Baru saja, PGN menyelesaikan pembangunan jaringan di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur. Sebanyak 228 rumah tangga di Perumahan Trodopo Indah, Desa Tropodo, Kecamatan Waru, Sidoarjo, dengan total 550 rumah siap untuk mendapatkan pasokan gas bumi yang bersih, efisien, aman serta mudah dari PGN. Sebagian sudah mendapatkan pasokan gas bumi, sisanya 228 rumah secepatnya akan dialirkan gas bumi.

Di wilayah Sidoardjo, PGN telah menyalurkan gas bumi ke 5.218 pelanggan, baik ke rumah tangga maupun ke industri. Untuk segmen industri, PGN memasok gas bumi seperti ke pabrik Teh Botol Sosro dan Yakult dan banyak industri besar lainnya seperti PT United Can, Samudra Luas, dan Pancatriadi II.

PGN juga terus melakukan sosialisasi penggunaan gas bumi untuk rumah tangga, seperti kegiatan bertemu langsung dengan pelanggan PGN dalam rangka menyambut HUT RI ke 71 dengan acara bertajuk Melangkah Sehat Bersama Energi Baik, berlokasi di Perumahan Tropodo Indah. Kegiatan tersebut selain sosialisasi gas bumi efisien, bersih dan aman, juga mensosialisasikan manfaat gas bumi tak hanya untuk memasak, tapi juga bisa digunakan untuk pemanas air. PGN telah mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang 123 km di Batam dan dengan adanya tambahan proyek pipa gas di Nagoya ini, total panjang pipa distribusi gas bumi di Batam menjadi 141,3 km.

PGN juga telah menyelesaikan proyek jaringan pipa gas bumi dengan tepat waktu di Nagoya, Batam. Proyek pipa gas yang berada di kawasan bisnis Batam ini sepanjang 18,3 kilometer (km) dan akan menyalurkan gas bumi ke wilayah Nagoya, Lubuk Baja, dan Jodoh di Batam. Nantinya infrastruktur pipa gas bumi ini akan memasok gas ke jasa komersil seperti hotel dan restoran di kawasan Nagoya. Selain itu, jarigan ini juga akan memasok ke beberapa industri di Batam. Saat ini PGN sudah memasok gas bumi sebanyak 750 rumah tangga di Batam, PGN juga menyalurkan gas bumi ke delapan pembangkit listrik, 29 industri besar, 37 usaha komersil dan UKM

PGN juga sedang menyelesaikan proyek jaringan pipa gas bumi lainnya di Batam, salah satunya penyambungan pipa gas bumi rumah tangga yang dibangun dengan biaya sendiri dan penugasan dari Kementerian ESDM. Proyek tersebut yakni dari Program PGN Sayang Ibu akan dipasang sambungan gas rumah tangga sebanyak 500 rumah dan 4.000 sambungan gas rumah tangga dari penugasan Kementerian ESDM ke PGN di Batam.

 

PGN juga memperluas infrastruktur jaringan gas bumi ke rumah tangga di Blora, Jawa Tengah, dengan membangun 4 ribu jaringan gas. PGN tengah membangun jaringan pipa gas sepanjang 24 km di Blora. Saat ini 780 sambungan gas rumah tangga di Blora sudah siap untuk menggunakan gas bumi untuk keperluan memasak sehari-hari dari 4 ribu rumah yang ditargetkan menikmati gas bumi dari PGN.

Secara bertahap PGN akan menyelesaikan 4 ribu sambungan rumah tangga di tujuh kelurahan, di Blora, Jawa Tengah. Untuk saat ini Kelurahan Sumber menjadi wilayah pertama yang akan menikmati manfaat gas bumi yang notabene merupakan wilayah terdekat diproduksinya gas bumi tersebut.

Bupati Kabupaten Blora, Djoko Nugroho menambahkan, pihaknya mengapresiasi langkah PGN yang memperluas jaringan gas bumi hingga bisa dinikmati warganya. Ia yakin, dengan adanya pasokan gas bumi yang hemat, ramah lingkungan, dan mudah serta aman ini, dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Blora. Apalagi gas bumi tersebut berasal dari produksi di Blora, yang tanpa mengandalkan impor.

Secara nasional, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik. Adapun pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s