Posted in Uncategorized

Gas Bumi Murah, Laba PGN Meriah

Gas bumi murah bukan berarti laba PGN tahun ini jadi kedodoran. Justru sebaliknya! Tahun ini tetap terbukti menjadi tahun emas bagi perusahaan negara satu ini.

PGN‎ tahun ini berhasil membukukan pendapatan bersih US$ 2,16 miliar atau sekitar Rp 28,1 triliun. Berarti naik sebesar US$ 17,32 juta sampai September 2016 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu sebesar US$ 2,14 miliar. Sedangkan laba operasi PGN selama sembilan bulan tercatat sebesar US$ 394,24 juta. Dengan perolehan laba bersih sebesar US$ 241,99 juta atau Rp 3,23 triliun (dengan kurs rata-rata sembilan bulan di tahun ini Rp 13.328 per dolar AS). EBITDA sembilan bulan sebesar US$ 641,51 juta, naik US$ 27,17 juta dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$ 614,34 juta.

Selama periode Januari-September 2016, PGNmenyalurkan gas bumi sebesar 1.595 juta kaki kubik per hari (MMSCFD), naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1.556 MMSCFD. Rinciannya, sepanjang Kuartal III-2016 volume gas distribusi sebesar 793 MMSCFD, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 789 MMSCFD dan volume transmisi/pengangkutan gas bumi sebesar 802 MMSCFD, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 767 MMSCFD.

Banyak kalangan pengamat menilai bahwa upaya pem­bentukan Holding BUMN Energi yang men­sinergikan antara PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan Pertamina merupakan salah satu solusi tepat untuk menjadikan PGN mampu menghadirkan pasokan gas bumi murah bagi Indonesia, walaupun hingga saat ini masih dalam proses diskusi. Sambil menunggu peraturan pemerintah terkait penggabungan tersebut terbit telah dibentuk tim gabungan yang terdiri dari PGN, Pertamina dan juga Pertagas yang melakukan pemetaan lokasi pipa-pipa infrastruktur, baik transmisi maupun distribusi yang ada.

Penggabungan PGN ke Pertamina membuat kinerja menjadi lebih efisien, sehingga infrastruktur yang ada bisa digunakan bersama. Secara teori, holding dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan, apabila tahapan teknis dan non teknis dapat dilewati dengan baik. Tentu saja keputusan ini disinyalir merupakan hal yang tepat untuk dilakukan PGN. Semoga efisiensi dan kinerja PGN kedepannya semakin meningkat sehingga gas bumi murah dapat tersedia bebas dan Indonesia cepat mencapai swasembada energi.

 

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

 

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Gas Bumi Murah, Laba PGN Meriah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s