Posted in PGN

Isu Harga Gas Mahal tak Urungkan Layanan Kesehatan Prima

Energi dan kesehatan selalu menjadi isu yang menarik untuk diperbincangkan. Selain benang merah bahwa dua-duanya menentukan hajat hidup orang banyak, gas bumi sebagai energi baik yang hemat juga mampu memberikan penambahan nilai bagi pelayanan kesehatan. Salah satu contohnya adalah pelayanan khusus dari PGN kepada RSPAD Gatot Subroto. Walaupun banyak isu bahwa harga gas mahal, namun keuntungan dan manfaat gas bumi PGN mampu menegasikan isu tersebut.

PGN selama berpuluh tahun memberi layanan khusus kepada rumah sakit pengguna gas bumi yang ada di Jakarta. Salah satunya yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Saat ini terdapat 10 rumah sakit di Jakarta yang selama bertahun-tahun menggunakan gas bumi dari PGN, salah satunya RSPAD Gatot Subroto.

RSPAD Gatot Subroto sendiri sudah menggunakan gas bumi dari PGN selama 30 tahun, salah satunya untuk memasak makanan para pasien, perawat, dan dokter. Pada hari Kamis tanggal 20 November 2016, PGN memberikan layanan khusus kepada pelanggan rumah sakit yang pakai gas bumi PGN di Jakarta. Layanan khusus tersebut berupa pemeriksaan, perawatan, leak test dengan methane detector, penataan alat kerja pelanggan, hingga pengecetan pipa-pipa gas milik pelanggan rumah sakit. Selain RSPAD Gatot Subroto, PGN juga memberikan layanan khusus ini kepada RS Cipto Mangunkusumo, RS Santo Carolus, RS Thamrin, RS Bunda, RS Jakarta, RS Tebet, dan RS YPK Mandiri.

 

Direktur Pembinaan Penunjang Umum RSPAD Gatot Subroto, Kolonel CKM dr. Jajang Edy Priyanto, SpB, MARS bahkan mengungkapkan bahwa pihaknya berterima kasih kepada PGN yang selama ini sangat baik memberikan layanan pasokan gas bumi selama 30 tahun lebih. Apalagi akan ada pembangunan gedung baru dengan dua tower untuk memperluas layanan ke masyarakat, yang rencananya Groundbreaking di 2017. Tentunya akan ada tambahan kebutuhan pasokan gas yang cukup besar.

Saat ini gas bumi PGN digunakan RSPAD Gatot Subroto untuk kebutuhan memasak rata-rata sebanyak 800 pasien setiap hari. Pasien, perawat, dokter dan pekerja makan tiga kali sehari, pagi-siang-malam, artinya hampir 24 jam dapur di RSPAD Gatot Subroto selalu beroperasi.

RSPAD Gatot Subroto telah mendapat predikat sebagai rumah sakit kepresidenan. Predikat tersebut bukan berarti rumah sakit tersebut hanya presiden atau keluarga presiden saja yang boleh dilayani oleh RSPAD Gatot Subroto. Rumah Sakit Kepresidenan itu artinya, seluruh masyarakat yang jadi pasien di rumah sakit ini mendapatkan layanan seperti layanan ke presiden. Dan banyak yang tidak tahu, kalau RSPAD Gatot Subroto telah menjadi rujukan rumah sakit di dunia, terutama bagi para penderita stoke. Pasien yang kena stroke kurang dari 6 jam, diobati di RSPAD memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi karena fasilitas lengkap, dan jadi rujukan rumah sakit di dunia.

PGN di Jakarta kini telah memasok gas bumi sebanyak 14.964 pelanggan, terbagi dari 14.568 pelanggan rumah tangga, 135 pelanggan kecil, 106 pelanggan komersial dan 155 pelanggan industri dan pembangkit listrik. Sedangkan secara nasional, PGN memasok gas bumi ke lebih dari 116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Dalam melayani pelanggan tersebut, Pipa PGN Jakarta saat ini telah membentang sepanjang 584 km di penjuru Jakarta. Adapun secara nasional, panjang pipa gas PGN mencapai lebih dari 7.200 km. Jumlah ini setara 78% pipa gas bumi di seluruh Indonesia. PGN area Jakarta akan terus mengembangkan jaringan distribusi gas bumi yang bersih, efisien, mudah dan aman ke seluruh segmen pengguna gas Jakarta. Dengan semua pembangunan ini, harga gas mahal tentu sebisa mungkin dihindari oleh PGN.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s