Posted in Uncategorized

Jika Harga Gas Mahal, Mungkinkah Nasi Jamblang ini Jadi Murah?

Banyak pihak mengkhawatirkan mengenai kenaikan harga gas bumi yang mengakibatkan harga gas mahal. Namun nyatanya, banyak industri kecil yang biasanya rentan kenaikan harga bahan pokok malah meraih keuntungan dari penggunaan gas bumi PGN. Harga mahal tak dirasakan oleh mereka. salah satu dari usaha kecil ini adalah usaha nasi jamblang dari Cirebon. Dari hanya berjualan di atas trotoar jalan, kini mereka bisa memiliki tempat usaha yang layak dan semakin berkembang

Sejak 2008, Nur Wahid, pengusaha Nasi Jamblang di Cirebon menjadi pelanggan setia PGN. Penggunaan gas bumi memberikan Nur penghematan Rp 12 juta per bulan. Dia mengakui pula bahwa gas bumi PGN adalah salah satu kunci sukses usaha nasi jamblang miliknya karena memberikan penghematan cukup besar setiap bulannya untuk usahanya.

Nur mengungkapkan, dirinya dapat menghemat sekitar Rp 12 juta/bulan dari penggunaan gas bumi sejak 2008. Sebelumnya untuk produksi nasi jamblang miliknya, Nur menggunakan bahan bakar LPG (Liquefied Petroleum Gas) dengan biaya cukup besar, yaitu Rp 18 juta-20 juta/bulan. Tapi sejak jadi pelanggan PGN, tagihan gas bumi usahanya hanya mencapai Rp 7-8 juta/bulan.

Nur menambahkan, gas bumi yang di pasok PGN mengalir terus selama 24 jam tanpa takut kehabisan atau repot angkut-angkut tabung LPG. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi usahanya yang memiliki jam operasional memasak mulai jam 4 pagi sampai jam 5 sore tanpa henti setiap harinya dengan 15 kompor dan 3 tungku.

Dengan tingkat aktifitas yang tinggi ini, keamanan juga tentu menjadi faktor penentu lain. Untungnya petugas dari PGN rutin melakukan pengecekan jaringan gas di rumah makannya, sehingga memberikan rasa aman baginya dan para pekerja.

Rumah makan Nasi Jamblang Ibu Nur merupakan salah satu dari puluhan ribu pelanggan PGN di Cirebon. Saat ini PGN memasok gas bumi di Cirebon sebanyak 19.265 pelanggan. Terbagi dari 19.301 pelanggan rumah tangga, 191 pelanggan komersil, 98 pelanggan industri dan pembangkit. PGN menyalurkan gas bumi di Cirebon sejak 1974 dan hingga sampai saat ini terus mengembangkan jaringan distribusi gas bumi yang bersih, efisien, mudah dan aman ke seluruh segmen pengguna gas.

Secara nasional, PGN memasok gas bumi ke lebih dari 116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik. PGN juga terus mendorong upaya diversifikasi bahan bakar kendaraan dari BBM ke bahan bakar gas. Saat ini PGN telah mengoperasikan 7 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), ke 8 SPBG mitra, dan ke 5 MRU (SPBG Mobile). Sampai saat ini total panjang pipa yang dibangun dan dioperasikan perseroan sudah mencapai lebih dari 7.200 km. Jumlah ini setara 78 persen pipa gas bumi hilir di seluruh Indonesia.

Jadi, benarkah harga gaws mahal? Menurut Bu Nur tidak. Jika kamu memiliki usaha kecil dalam bidang kuliner, tidak ada salahnya untuk menjadi pelanggan gas bumi PGN. Jangan lupa juga untuk mengunjungi dan menikmati nikmatnya nasi jamblang milik Bu Nur di restoran Nasi Jamblang Ibu Nur yang beralamat di Jalan Cangkring 2, Cirebon, Jawa Barat. Selamat menikmati nasi jamblang dan hematnya gas bumi PGN!

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s