Posted in PGN

Gas Bumi Murah yang Ramah Gedung Bertingkat

Energi baik berupa gas bumi murah memang memiliki banyak keuntungan. Selain lebih ramah lingkungan dan hemat, gas bumi juga lebih praktis dan aman. Penghuni rusunawa terutama, juga mendapatkan keuntungan lain. Yaitu kemudahan pemakaian gas bumi murah yang juga tanpa perlu repot menggotong-gotong tabung gas ke kediamannya di gedung bertingkat rusunawa.

Rusunawa Marunda dan Sukapura di Jakarta Utara misalnya, adalah salah satu Rusunawa yang termasuk dalam sembilan rumah susun yang masuk proyek pembangunan jaringan pipa gas bumi PGN. Para penghuni dari dua Rusunawa ini tidak perlu lagi capek – capek naik turun tangga untuk membeli tabung gas elpiji untuk kebutuhan memasak sehari – hari. Pasokan gas bumi selalu siap digunakan 24 jam nonstop.

Ririn, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Blok 23 rusun Tanah Abang bercerita, biaya gas bumi murah dari PGN hanya menghabiskan sekitar Rp 60.000/bulan. Harga gas tersebut cukup dipakai untuk berbagai aktivitas di rumah seperti memasak makanan dan air minum serta mandi. Ia juga tidak perlu takut kehabisan gas dan tidak perlu repot mengangkat tabung gas ke lantai atas. Selama 30 tahun menggunakan gas dari PGN tidak pernah ada kejadian luar biasa yang perlu dikhawatirkan.

Gas bumi PGN ini juga lebih murah dan hemat. Tuti, salah seorang penghuni rusunawa mengakui bahwa untuk setiap kilogram gas setara elpiji, penghuni rusunawa akan dikenakan tarif Rp 3.000 per kilogram. Sehingga rata-rata per bulannya warga hanya cukup membayar Rp 30 ribu-Rp 35 ribu. Dengan memakai gas PGN warga bisa berhemat puluhan ribu rupiah dibandingkan dengan pemakaian gas elpiji. Apalagi dengan HET (harga eceran tertinggi) gas elpiji yang mahal, untuk pemakaian per -bulan sebesar 3 kilogram, warga membutuhkan Rp 16 ribu,” ujar Tuti.

Hal yang sama juga terjadi pada Rusunawa Perumnas Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. Dengan jaringan gas bumi PGN ini, penghuni Rusunawa ini juga dapat turut merasakan manfaat sumber energi ramah lingkungan, aman, praktis dengan harga terjangkau. Supriono, warga Blok 73 No 1 Lantai 1 RT 01/01 Kelurahan Malaka Sari yang berumur 57 tahun ini telah menggunakan gas bumi PGN sejak pertama kali tinggal di rumah susun, tepatnya pada Juli 1984. Ia mengakui gas bumi murah dari PGN memiliki banyak keuntungan. Setiap bulan ia hanya membayar Rp30.000-Rp40.000. Bandingkan dengan yang memakai gas elpiji yang rata-rata menghabiskan Rp100.000/bulan, apalagi dengan harga gas elpiji yang kini semakin mahal. Istri Supriono pernah membuka katering dan dalam sebulan dia hanya menghabiskan Rp 100.000/bulan. Selain itu, keluarganya tidak perlu cemas kehilangan tabung gas yang berharga mahal seperti keluarga lain yang masih menggunakan gas elpiji. Menggunakan gas PGN menurutnya juga memiliki risiko kecil, karena petugas PGN secara rutin mengontrol jaringan gas ke rumah-rumah.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s