Posted in Uncategorized

Merangkai Jaringan Gas Bumi Indonesia

Merangkai infrastruktur energi baik dalam bentuk jaringan gas bumi gas bumi merupakan komitmen PGN untuk Indonesia. Pasalnya energi gas bumi memang disinyalir lebih bersih dari energi fosil lainnya. Selain itu, persediaannya melimpah di dunia. Indonesia sendiri merupakan negara terbesar ke-4 penghasil gas bumi dunia. Sebagai negara khatulistiwa, Indonesia seperti duduk di atas tambang emas energi baik. Investasi untuk pembangunan infrastruktur jaringan pipa gas bumi utama memerlukan biaya tidak sedikit. Namun, sangat dibutuhkan untuk swasembada energi suatu negara.

Terbukti dari studi di Amerika Serikat, karena infrastruktur gas bumi yang membuka akses pada energi baik ini, gas bumi yang melimpah dapat diakses dengan mudah. Penduduk di AS menghemat $ 1.800 per tahun per keluarga untuk tagihan energi dari peralatan listrik atau gas bumi.

Merangkai perluasan infrastruktur jaringan gas bumi memang memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah:

  • Peningkatan peluang pembangunan ekonomi. Terbukti bagi usaha-usaha yang beralih menggunakan gas bumi atau pindah ke lokasi dengan akses gas bumi, peningkatan usaha terjadi.
  • Kemampuan untuk menarik usaha dari daerah lain atau untuk menarik terciptanya usaha baru yang didirikan di dekat akses pipa gas bumi.
  • Konversi dari pembangkit listrik batu bara ke gas bumi dengan akses ke jaringan pipa gas bumi terbukti lebih hemat dan efisien.
  • Pembangunan kilang gas bumi mampu memenuhi peningkatan permintaan kebutuhan listrik

Saat ini PGN telah membangun dan mengoperasikan lebih dari 7.100 km pipa gas bumi, tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Hingga tahun 2015 lalu, secara nasional jaringan pipa gas bumi PGN yang selesai dibangun baru mencapai 1000 km. Tahun 2016 hingga 2019, adalah target 1.680 km lagi.

PGN telah membangun pipa gas sepanjang 825 kilometer (km) selama setahun terakhir. Pipa gas tersebut terdiri dari pipa transmisi open access dan pipa distribusi gas bumi. Jika pada akhir 2014 panjangnya sudah 6.161 km maka total panjang pipa gas bumi yang dimiliki PGN saat ini mencapai 6.989 km. enambahan pipa gas tersebut membuat PGN mampu memiliki dan mengoperasikan 76 persen jaringan pipa gas bumi nasional. Pipa-pipa gas tersebut memasok gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan ke lebih dari 107.690 rumah tangga pelanggan PGN, 1.857 usaha kecil, mal, restoran, hotel, rumah sakit, serta 1.529 industri skala besar dan pembangkit listrik.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Merangkai Jaringan Gas Bumi Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s