Posted in PGN, TU3, Uncategorized

Berapa Panjang Pipa Gas Bumi PGN? Ribuan!

Saat saya menulis tentang pembangunan pipa gas bumi, selalu teringat dengan iklan snack manis yang terkenal di tahun 90-an yang memiliki ratusan lapisan nikmat. PGN sebagai perusahaan negara yang memiliki tujuan mencapai swasembada energi di Indonesia, bertekad untuk memperluas jaringan pipa gas bumi. Namun, pembangunan infrastruktur awal memang memberikan sejumlah tantangan karena biaya untuk membangun pipa jaringan gas bumi memang memerlukan perencanaan dan biaya lebih besar dari bahan bakar fosil lainnya. Sehingga persiapan infrastruktur gas bumi ini memang memerlukan pembangunan ribuan km jaringan pipa gas bumi. Namun setelah selesai, ribuan jaringan pipa gas bumi ini akan memberikan ratusan manfaat pula.

Gas bumi memang salah satu solusi untuk kebutuhan energi baik di Indonesia. Selain menghasilkan polusi yang lebih sedikit dari bahan bakar fosil lain, namun gas bumi juga lebih hemat dan persediaannya melimpah di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki pasokan gas bumi terbesar ke-4 di dunia.

Saat ini PGN telah membangun dan mengoperasikan lebih dari 7.100 km pipa gas bumi, tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Pipa-pipa gas tersebut memasok gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan ke lebih dari 107.690 rumah tangga pelanggan PGN, 1.857 usaha kecil, mal, restoran, hotel, rumah sakit, serta 1.529 industri skala besar dan pembangkit listrik.

Untuk tahun 2019, PGN menargetkan penambahan panjang pipa gas bumi sepanjang 1.685 kilometer (km) periode 2016-2019, sehingga total panjang pipa PGN menjadi 8.656 km. Dengan program penambahan ruas pipa ini, PGN juga telah merampungkan pembangunan pipa transmisi gas bumi open access Kalimantan – Jawa (Kalija) I yang memiliki panjang lebih dari 200 km. Pipa gas Kalija I ini dimaksudkan untuk menghubungkan sumber gas Lapangan Kepodang di Laut Utara Jawa Tengah ke pembangkit listrik PLN Tambak Lorok (baca juga Gas Bumi untuk Anak-anak Tambak Lorok).

PGN memiliki Program Sayang Ibu, program ini bertujuan memperbanyak rumah menggunakan energi baik gas bumi. Mulai tahun ini hingga 2019 mendatang kami akan menambah 110.000 sambungan gas rumah tangga. Ketika infrastruktur telah siap sedia, Indonesia memiliki potensi swasembada energi yang sangat besar. Sehingga, pembangunan jaringan pipa gas bumi ini memang sangat penting adanya.

 

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Berapa Panjang Pipa Gas Bumi PGN? Ribuan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s