Posted in Uncategorized

FSRU Lampung: Perkuat Pasokan Gas Bumi Sampai Zombie Apocalypse

Untuk memenuhi pasokan gas bumi nasional, PGN kembali melakukan loading cargo Liquefied Natural Gas (LNG) dari delapan kargo LNG yang dialokasikan dari Kilang Tangguh, Papua.  Pasokan ini dikirim dengan menggunakan kapal Tangguh Towuti dan telah sampai pada 4 September lalu. Volume kargo LNG kelima tersebut mencapai 137.700 meter kubik. Jumlah yang cukup banyak untuk bisa selamat dari zombie apocalypse.

 

Jangan mau dimamam zombie-zombie nakal. Ayo mawas energi!

 

 

Zombie apocalypse atau kiamat karena mayat hidup memang dianggap oleh sebagian orang hanya rekaan imajinasi semata. Namun, banyak pihak yang menganggap bahwa zombie apocalypse bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi.  Bahkan, pada salah satu episode Ellen Degeneress, terungkap bahwa terdapat Universitas yang membuka jurusan kuliah zombie apocalypse. Kuliah ini memberikan pelajaran mengenai sumber masalah, cara bertahan hidup dan pencegahan zombie apocalypse. Salah satu yang terpenting untuk survival tersebut adalah energi. Ya, energi!

Ketika zombie apocalypse terjadi, semua sarana pendukung peradaban manusia satu-persatu akan runtuh. Dari pemerintah, air bersih, layanan supermarket, juga pasokan energi. Oleh sebab itu, sering kita lihat banyak penyintas zombie apocalypse yang meletakkan pencarian sumber energi dan makanan pada tingkat tertinggi. Semua simpanan makanan dan BBM maupun penghasil listrik akan dicari mati-matian. Karena ini masalah hidup atau mati karena…zombie.

Saat ini mayoritas di dunia masih menggunakan sumber daya energi tak tergantikan. Namun, sudah muncul upaya-upaya untuk mengembangkan dan menggunakan energi ramah lingkungan serta swasembada energi. Dalam hal zombie apocalypse, kita dapat lebih mudah bertahan hidup dengan sumber energi tergantikan seperti panel surya, turbin angin dan lain sebagainya. Setidaknya, memiliki pasokan energi yang melimpah.

Untuk mengurangi impor, PGN terus menyerap produk gas bumi dari dalam negeri. Salah satu upayanya adalah memaksimalkan keberadaan Fasilitas Floting Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung. PGN akan terus membangun jaringan infrastruktur gas bumi, agar produksi gas nasional yang cukup besar mampu terserap lebih banyak ke dalam negeri. FSRU Lampung memiliki kapasitas penampungan LNG sebesar 170.000 meter kubik dan kemampuan regasifikasi mencapai 240 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Pada April lalu, PGN FSRU Lampung juga telah menerima kargo gas alam cair atau LNG untuk memenuhi pasokan gas bumi di Jawa Bagian Barat dan Sumatera Bagian Selatan. Total, dari April hingga akhir tahun 2016, FSRU Lampung menerima dan menyalurkan delapan kargo atau setara 1,1 juta meter kubik LNG.

Sungguh jumlah energi yang sangat besar. Walaupun Indonesia masih belum banyak menggunakan sumber energi bersih, namun setidaknya dengan upaya-upaya pemenuhan energi seperti pada FSRU Lampung, kita bisa curi start untuk pasokan energi yang melimpah. Dengan jumlah energi seperti ini, diharapkan Indonesia dapat menjadi salah satu negara yang selamat dari zombie apocalypse. Aamiin!

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “FSRU Lampung: Perkuat Pasokan Gas Bumi Sampai Zombie Apocalypse

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s