Posted in Uncategorized

Energi Alternatif Dari Buangan Manusia

Energi alternatif dapat dihasilkan dari berbagai cara kreatif maupun yang tak terbayangkan sebelumnya. Teknologi yang making berkembang melahirkan banyak permasalahan lingkungan, untungnya, inovasi pelestarian alam juga semakin banyak. Salah satunya adalah adalah inovasi produksi energi alternatif dari buangan manusia.

Kotoran manusia atau human excreta dan urin dapat menjadi sumber energi alternatif yang sangat baik. Selain mengurangi limbah, juga mengurangi konsumsi sumber daya fosil yang merusak lingkungan.

Kotoran manusia dapat menghasilkan energi alternatif yang terbarukan berupa biogas. Menurut Direktur Pusat Studi Lingkungan Universitas Surabaya, Yunus Fransiscus, kotoran manusia  dapat dipakai sebagai pupuk dan sebagai biogas. Ditambah lagi Indonesia ini adalah negara agraris, kita sangat-sangat perlu yang namanya pupuk untuk mensuplai para petani dalam menjalankan aktifitas pertaniannya.

 

 

Sedangkan energi alternatif dari urin ditemukan dalam sebuah studi terbaru dari tim peneliti di Universitas Bath di Inggris. Mereka telah berhasil mengembangkan sel bahan bakar murah bertenaga urin yang sanggup menjalankan berbagai perangkat elektronik, termasuk ponsel. Satu sel bahan bakar mampu menghasilkan 2 watt per meter kubik, cukup untuk menyalakan sebuah ponsel untuk beberapa saat, tetapi output daya dapat ditingkatkan secara signifikan dengan menumpuk beberapa sel bersamaan.

Mirella Di Lerenzo, pengajar di Departemen Teknik Kimia universitas sekaligus salah satu penulis studi mengatakan, kemampuan untuk memanfaatkan kekuatan kotoran manusia bisa merevolusi pembangkit listrik. Sel bahan bakar mikroba dapat berperan penting dalam mengatasi tiga tantangan dalam menemukan solusi yang mendukung energi aman, terjangkau dan ramah lingkungan, atau biasa dikenal dengan trilema energi.

 

Hal ini sesuai dengan pendapat Yunus yang mengatakan bahwa gerakan mengolah sampah serta limbah manusia atau tinja oleh mayarakat sendiri, merupakan gerakan ekonomi biru yang dapat membangun perekonomian masyarakat. Edukasi dan sosialisasi untuk mengubah cara pandang masyarakat terhadap sampah maupun limbah manusia, merupakan kunci untuk melakukan perubahan yang lebih positif terhadap lingkungan maupun ekonomi masyarakat.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s