Posted in Uncategorized

Bajaj Gas Gratis PGN: merdeka dengan energi baik di Dirgahayu RI

Masih mengenai Bajaj gas Gratis PGN untuk merayakan Dirgahayu RI 2016, saya melihat bagaimana kompetisi ini dapat menjadi contoh dari upaya swasembada energi di perayaan Dirgahayu RI. Dengan mempromosikan energi baik menggunakan bajaj gas gratis PGN, . Perusahaan negara ini memang menjadi sosok terdepan dalam menggalang gas bumi sebagai energi baik di Indonesia. Gas bumi juga dilihat sebagai energi yang lebih ramah lingkungan karena tidak seperti bahan-bahan bakar fosil lainnya, gas alam adalah salah satu sumber energi yang paling bersih (memiliki intensitas karbon yang rendah), teraman dan paling berguna dari semua sumber energi.

Indonesia menjadi negara terbesar dalam kebutuhan energi di Asia Tenggara mencapai 44% dari total kebutuhan energi di kawasan tersebut disusul Malaysia sebesar 23% dan Thailand 20%. Data Asean Center for Energy juga mengungkap bahwa energi fosil diperkirakan akan mendominasi permintaan energi di kawasan tersebut mencapai 80% pada 2030 atau di atas realiasi pada 2011 sebesar 76%. Sedangkan sektor industri diperkirakan tetap mendominasi pertumbuhan permintaan energi fosil tersebut dengan penaikan sekitar 2,7% per tahun hingga 2035 mendatang. Perkembangan kebutuhan energi itu dibahas dalam forum diskusi Shell Indonesia Technology Conference 2016 yang diselenggarakan oleh PT Shell Indonesia di Jakarta, pada Rabu-Kamis (17-18 Februari 2016) ini. Forum tersebut juga membahas data yang dilansir Dewan Energi Nasional (DEN) tentang kebutuhan energi nasional Indonesia yang akan mencapai 2,41 juta setara barel minyak (SBM) pada 2025. Adapun kontribusi energi fosil pada 2013 mencapai 94.6 % dari total kebutuhan/konsumsi energi nasional sebanyak 1.357 juta SBM, terdiri dari minyak sebesar 44,0%, gas alam 21,9%, dan batubara 28,7%. Sedangkan sisanya sekitar 5,5 % dipasok dari energi baru dan terbarukan (EBT).

Dilihat dari data di atas, dapat terlihat bahwa penggunaan gas bumi masih sedikit. Padahal Indonesia memiki cadangan gas alam yang besar. Saat ini, negara ini memiliki cadangan gas terbesar ketiga di wilayah Asia Pasifik (setelah Australia dan Republik Rakyat Tiongkok), berkontribusi untuk 1,5% dari total cadangan gas dunia (BP Statistical Review of World Energy 2015).

Selama periode 14-20 Agustus 2016, pukul 07.00-17.00 WIB, semua warga Jakarta diundang untuk naik bajaj Gas gratis PGN yang memiliki tanda khusus seperti di atas di tempat-tempat di link ini. Setelah itu peserta harus posting (komentar/foto/video) pengalaman menggunakan bajaj gas atau pengetahuan tentang gas bumi PGN ke media sosial (Facebook, Path, Instagram, Twitter, atau Youtube) dengan hastag #PGNenergibaik, kemudian capture postingan dan kirimkan email ke ayokitangegas@pgn.co.id (untuk video harus disertakan link Youtube) dengan format penulisan judul (subject) email menggunakan nama dan tanggal lahir sesuai KTP/SIM/Kartu Pelajar.

Hadiah yang ditawarkan pun sangat menarik dengan kuota cukup banyak. Pemenang pertama akan mendapatkan 1 juta rupiah (sebanyak 17 orang!), pemenang ke dua sebanyak 8 orang akan mendapatkan 750 ribu rupiah dan 45 pemenang ketiga akan mendapatkan 500 ribu rupiah. Pemenang akan diumumkan pada 29 Agustus – 9 September 2016 di pgn.co.id.

Saya mengharapkan akan ada banyak orang yang ikut serta dalam program ini. Selain hadiahnya menarik, program ini merupakan langkah penting untuk memperkenalkan pada masyarakat bahwa gas bumi sebagai energi baik dapat diakses masyarakat. Selain lebih ramah lingkungan, gas bumi juga lebih murah karena lebih banyak tersedia di Indonesia sebagai salah satu penghasil gas bumi terbesar di dunia. Oleh sebab itu, di Dirgahayu kemerdekaan negeri ini, kita juga dapat mulai merayakan upaya swasembada energi untuk dapat merdeka dari kurangnya energi dan ketergantungan kita dengan energi yang tidak ramah lingkungan.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: m.tempo.cowartakota.tribunnews.comindonesia-investments.com

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s