Posted in Uncategorized

Jaringan Gas bumi PGN hadir di Nagoya-Batam

Gas bumi PGN kini tersedia di Nagoya, Batam. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) telah menyelesaikan proyek jaringan pipa gas bumi. Hal ini sangat sesuai dan membantu target pembangunan kota Batam sebagai Kota Gas.

Batam, Provinsi Kepulauan Riau, akan menjadi “Kota Gas” pada 2018, saat seluruh kebutuhan energi di wilayah itu menggunakan bahan bakar gas, mulai dari listrik, industri, rumah tangga hingga transportasi. Untuk gas Domestik Market Obligation ke Kepri, Gubernur mengatakan bahwa distribusi seluruhnya diserahkan kepada PT Perusahaan Gas Negara yang sudah memiliki infrastruktur jaringan pipa gas bumi.

Menteri ESDM Sudirman Said juga mengangkat Batam menjadi Kota Gas, setelah mayoritas energi yang digunakan di kota itu menggunakan bahan bakar gas. Rencana pemerintah dalam pembangunan infrastruktur energi di Batam adalah menjadikan Batam sebagai Batam Clean Energy mengingat sumber gas di Batam cukup banyak. Sedangkan rencana pembangunan infrastruktur energi di Batam, untuk jargas rumah tangga tahun ini sebanyak 4000 SR serta untuk pemenuhan kebutuhan gas domestik di Batam maka akan segera dibangun pipa gas pemping

Direktur PGN Dilo Seno Widagdo, mengatakan, proyek pipa gas bumi PGN yang berada di kawasan bisnis Batam sepanjang 18,3 kilometer (km) akan menyalurkan gas bumi ke wilayah Nagoya, Lubuk Baja, dan Jodoh di Batam. Nantinya infrastruktur pipa gas bumi ini akan memasok gas ke jasa komersil seperti hotel dan restoran di kawasan Nagoya. Selain itu, jarigan ini juga akan memasok ke beberapa industri di Batam. Proyek pipa gas bumi di Nagoya, Batam telah rampung tepat waktu.

Di Batam, PGN telah mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang 123 km. Dengan adanya tambahan proyek pipa gas bumi di Nagoya ini, total panjang pipa distribusi gas bumi PGN di Batam menjadi 141,3 km. Secara nasional, PGN telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 7.000 km. Jumlah tersebut setara dengan 76 persen pipa gas bumi hilir yang ada di Indonesia.

PGN juga sedang menyelesaikan proyek jaringan pipa gas bumi lainnya di Batam, salah satunya penyambungan pipa gas bumi rumah tangga yang dibangun dengan biaya sendiri dan penugasan dari Kementerian ESDM. Proyek tersebut yakni dari Program PGN Sayang Ibu akan dipasang sambungan gas rumah tangga sebanyak 500 rumah dan 4.000 sambungan gas rumah tangga dari penugasan Kementerian ESDM ke PGN di Batam.

Saat ini PGN sudah memasok gas bumi sebanyak 750 rumah tangga di Batam, PGN juga menyalurkan gas bumi ke delapan pembangkit listrik, 29 industri besar, 37 usaha komersil dan UKM. Sampai saat ini PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu , 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: bisnis.liputan6.comantarariau.commigas.esdm.go.id

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s