Posted in Uncategorized

Gas bumi PGN untuk kendaraan umum ramah lingkungan di bumi Parahiyangan

Gas bumi PGN kini kembali melayani bumi Parahiyangan Bandung. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk/PGN bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk memanfaatkan gas bumi PGN sebagai energi ramah lingkungan dan murah untuk kendaraan bermotor di Bandung. Indonesia memiliki cadangan gas bumi yang cukup banyak, bahkan sampai saat ini masih diekspor. Selain itu, keunggulan dari BBG berupa CNG, nilai oktannya (RON) mencapai 120, sementara bensin hanya RON 88-95, sedangkan LGV/LPG (Liquefied Gas for Vehicle) tingkat oktannya mencapai 98. Sedangkan harga BBG untuk 1 liter setera premium (LSP) masih Rp 4.500/lsp, sehingga selain ramah lingkungan, dan baik bagi kendaraan, juga memberikan penghematan bagi penggunanya.

Menurut Dirut PGN Hendi Prio Santoso, PGN bersama Kang Emil (sapaan akrab untuk Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil) akan mendorong angkutan kota, kendaraan dinas, sampai bus pelajar dan kendaraan lainnya agar beralih dari BBM ke gas bumi yang ramah lingkungan serta efisien. Kerja sama ini diresmikan dalam acara Penandatangan MoU antara PGN dengan Pemkot Bandung, di Gedung PGN Braga, Bandung, Jawa Barat, Kamis.

 

Dengan kerja sama lebih lanjut untuk pemanfaatan gas bumi PGN untuk kendaraan umum di Bandung yang lebih ramah lingkungan dan efisien energi ini, creative space hasil kerja sama Pemkot Bandung dan PGN bahkan dapat menjadi pusat aktifitas informasi penggunaan energi ramah lingkungan di Bandung. Seperti telah kita ketahui, PGN dan Pemkot Bandung bekerjasama dalam pemanfaatan aset PGN berupa Gedung PGN Braga di Jalan Braga Nomor 40, Kelurahan Braga, Bandung, Jawa Barat, dapat difungsikan sebagai creative space. Gedung yang sudah masuk dalam cagar budaya tersebut, akan disulap oleh Pemkot Bandung, menjadi tempat nongrong anak-anak muda Bandung untuk mengasah kreativitas. Kota Bandung menjadi pilot project dalam pengembangan ekonomi kreatif. Gedung ini akan kita gunakan sebagai ruang ekspresi, inovasi dan kegiatan komunitas kreatif Kota Bandung.

Hendi mengatakan, salah satu bentuk dorongan PGN yakni menyiapkan infrastruktur Bahan Bakar Gas baik SPBG maupun MRU. Untuk tahap awal, PGN akan menyiapkan fasilitas mobile refueling unit (MRU) di Terminal Antapani, Bandung. MRU atau ‘SPBG berjalan’ merupakan solusi tercepat untuk pembangunan infrastruktur gas bumi untuk sektor transportasi. MRU adalah suatu fasilitas pengisian bahan bakar gas (BBG) berupa compressed Natural Gas (CNG), yang terintegrasi dalam satu unit infrastruktur gas bergerak (mobile). Jadi angkot di Bandung bisa dengan mudah isi BBG di terminal.

Tidak hanya itu, kata Hendi, PGN akan membagikan secara gratis konverter kit ke 20 angkot di Bandung. Sehingga sopir angkot bisa langsung merasakan manfaat kendaraannya pakai BBG. Kapasitas MRU di Bandung nanti sekitar 0,3 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) yang dapat melayani ratusan angkot setiap harinya. Saat ini PGN telah mengoperasikan 5 unit SPBG dan menyalurkan gas bumi ke 14 SPBG mitra, serta mengoperasikan Mobile Refueling Unit (MRU) di beberapa lokasi seperti di IRTI Monas, Waduk Pluit dan Gresik.

Penggunaan gas bumi PGN sebagai energi ramah lingkungan ini sangat sesuai dengan jiwa kota Bandung yang identik dengan kehijauan dan keasriannya. Dengan penggunaan gas bumi PGN untuk energi yang lebih sustainable untuk lingkungan hidup, keasrian kota Bandung dapat dipertahankan untuk anak cucu kita. Dapat dikatakan, Kota Bandung yang yang hijau dapat menjadi pilot project untuk kota hijau yang menggunakan energi ramah liingkungan.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: bisnis.liputan6.com

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s