Posted in Uncategorized

Gas bumi PGN: smart energy for Semarang the smart city

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) kembali memperluas infrastruktur jaringannya untuk gas bumi PGN di Indonesia. Kali ini jaringan merambah ke kota Semarang. Proyek pipa gas bumi PGN yang saat ini sedang dirampungkan adalah di kawasan industri Wijaya Kusuma, Semarang, Jawa Tengah sepanjang 9 km.

Pengembangan jaringan energi ramah lingkungan ini sesuai dengan slogan kota Semarang: Be smart city (Based on E-government, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent CITY). Dengan menggunakan energi ramah lingkungan, Semarang telah menggenapi slogannya untuk bisa lebih memiliki akuntabilitas dan realistis. Gas bumi PGN adalah energi yang lebih ramah lingkungan, dengan begitu gas bumi PGN dapat dikatakan sebagai smart energy yang lebih memiliki akuntabilitas dan realistis karena banyak tersedia di Indonesia, lebih murah dan lebih memiliki sustainability.

Kawasan industri Wijayakusuma ini dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Cilacap. Dengan luas 250 Ha, Tanah tersebut yang dipakai untuk kavling industri seluas 175 Ha dan sisanya diperuntukkan untuk pembangunan Infrastruktur, Fasilitas Sosial dan fasilitas lingkungan. Kawasan industri ini bebas banjir, serta dengan dukungan infrastruktur yang sangat memadai berupa jalan lingkungan selebar 20 meter, jaringan Listrik & Saluran Telepon, unit pengolahan limbah cair terpadu (IPAL), serta Kawasan Berikat (Bonded Zone). Juga dengan fasilitas-fasilitas pendukung ( yang ada & yang akan ada ) seperti : Perumahan, Klinik Medis, Restoran, Taman & Tempat Bermain, Sistem Keamanan 24 jam, Halte Bus, Sarana Olah Raga, Tempat lbadah, Toserba ada dan Sistern Pengumpulan Sampah, IPAL (Instalasi Pembuangan Air Limbah), Air Bersih.

Direktur PGN Dilo Seno Widagdo mengungkapkan, sebagian besar proyek di Wijaya Kusuma hampir rampung, saat ini pipa sepanjang 5,6 km dengan ukuran pipa 4-6 inchi sudah selesai dibangun dan sisanya sedang dalam tahap konstruksi. Dilo mengungkapkan, proyek ini tentunya terus menambah infrastruktur gas bumi yang dibangun dan dioperasikan PGN, sampai kuartal I-2016 PGN sudah menambah panjang pipa gas bumi di berbagai daerah lebih dari 109 km. Di antaranya di Pasuruan, Jawa Timur, PGN menyelesaikan pembangunan pipa gas bumi di wilayah Kejayan-Purwosari sepanjang 15 kilometer.

 

Area Head PGN Semarang, Edy Sukamto menambahkan, dengan selesainya proyek di kawasan Wijaya Kusuma, akan menambah pengguna gas bumi di Semarang terutama dari kalangan industri. Sekarang sudah ada 5 calon pelanggan industri baru di Semarang yang siap menikmati aliran gas bumi PGN.

Edy mengungkapkan, infrastruktur pipa gas bumi PGN lainnya di Semarang adalah fasilitas cluster Compressed Natural Gas (CNG) Tambak Aji. Infrastruktur ini merupakan hasil inovasi PGN yang tidak harus mengandalkan mulut sumur gas bumi untuk dapat memasok gas bumi ke pelanggan. Fasilitas Cluster CNG Tambak Aji sepanjang 9 km sudah beroperasi sejak 2015 dengan dilengkapi dengan Pressure Reducing Station berkapasitas 1.000 meter kubik gas bumi per jam. Saat ini PGN Area Semarang sudah melayani 8 pelanggan industri di Kawasan Tambak Aji dan melayani 150 pelanggan Rumah Tangga dengan konsumsi gas sekitar 150 ribu meter kubik per bulan.

Dengan jaringan pipa gas bumi PGN di kawasan industri Wijaya Kusuma, fasilitas pendukung industri yang paling penting, yaitu energi dapat dipenuhi. Terlebih lagi energi yang ramah lingkungan ini. Selain berbagai pelayanan ke pelanggan lain seperti rumah tangga, pelayanan gas bumi PGN ke kawasan industri di Semarang ini turut melengkapi pembangunan dan pengembangan kota Semarang sebagai Smart City yang lebih bai lagi.

 

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: finance.detik.comseputarsemarang.comsemarangkota.go.id

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s