Posted in Uncategorized

Hendi Prio Santoso cekal (Cepat dan Tangkal) korupsi dari akarnya

Kali ini saya ingin mengulas mengenai tulisan dari kawan saya Ema Fitriyani yang bertajuk Hendri Prio Santoso Sosok Bersih Korupsi. Dalam tulisan Ema, dijabarkan bagaimana sosok Hendi Prio Santoso yang tegas memegang komitmen dalam menerapkan cekal (cepat dan tangkal) korupsi di dalam Perusahaan Gas Negara (PGN).  Dengan menerapkan budaya zero tolerance corruption, beliau berjibaku dalam memberantas calo gas bumi dalam perusahaan yang dipimpinnya itu.

Dalam realitanya, praktik percaloan ini memang merupakan penyakit dalam distribusi gas bumi secara nasional. Tidak sedikit keuntungan penerimaan negara yang harus jatuh ke tangan-tangan calo gas bumi ini. Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan bahwa mahalnya harga gas bumi di tanah air, akibat maraknya percaloan. Para calo ini membuat rantai distribusi gas bumi semakin panjang, terkadang sampai enam perantara yang tidak mau membangun infrastruktur dan hanya memungut selisih penjualan saja.

Salah satu cara mencegah praktik percaloan di Indonesia adalah dengan melakukan perubahan kelembagaan secara total sehingga terdapat sistem yang baik dan transparan yang tidak memungkinkan calo gas beroperasi. Hendi Prio Santoso menerbitkan Kode Etik Karyawan dan Kode Etik Pimpinan yang dapat memberikan panduan untuk tata laksana yang baik dalam perusahaan untuk mencekal praktik percaloan ini dengan cepat dan menangkal korupsi.

Dalam Kode Etik tersebut, tata laksana PGN jelas menekankan pada transparansi dan kepatuhan pada hukum. Hal ini jelas sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara tegas melarang adanya praktik pencaloan gas di dalam negeri. Larangan itu dibuat seiring dengan direvisinya Permen ESDM No.37 Tahun 2015 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penetapan Alokasi dan Pemanfaatan serta Harga Gas Bumi menjadi Permen No.6 Tahun 2016. Menteri ESDM Sudirman Said menyampaikan, meskipun regulasi itu kembali direvisi tetapi intinya tetap sama, yakni praktik penjualan gas tetap dilarang.

Lebih jauh lagi, dalam kode etik penyediaan barang dan jasa, dapat dilihat bahwa setiap praktik penyediaan barang dan jasa pada operasi dan kegiatan PGN yang menyalahi hukum dan peraturan, dilarang dengan keras. Hal ini tentu saja secara langsung melarang adanya praktik calo gas, yang melakukan distribusi tanpa memiliki infrastruktur dan tidak sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Tulisan ini untuk merespon tulisan dari emafitriyani.blogspot.co.id tentang “Hendri Prio Santoso Sosok Bersih Korupsi”

Sumber: indonesianindustry.comkoran-jakarta.comkatadata.co.idUnduh Kode Etik PGN

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Hendi Prio Santoso cekal (Cepat dan Tangkal) korupsi dari akarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s