Posted in Uncategorized

Gas bumi PGN makin menderu di Pasuruan

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menambah infrastruktur pipa gas buminya dengan menyelesaikan proyek pipa gas bumi PGN untuk energi baik di wilayah Kejayan-Purwosari, Pasuruan bagian barat, Jawa Timur. Direktur PT Perusahaan Gas Negara Tbk Dilo Seno Widagdo mengatakan, PGN kembali menyelesaikan proyek pipa gas bumi di wilayah Kejayan-Purwosari di Pasuruan sepanjang 15 kilo meter (Km)‎ yang dapat memasok gas bumi hingga 17 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Khusus di Pasuruan, PGN memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi untuk energi baik sepanjang lebih dari 189 km. Pipa gas bumi PGN di Pasuruan mengalir ke wilayah Gempol, Beji, Bangil, Kraton, Rejoso, Lekok, Nguling, Pohjentrek, Kejayan, Pandaan, Purwosari, dan Kotamadya Pasuruan. Head area PGN Pasuruan, Agus Mustofa Hadi menambahkan, pasokan gas bumi dari ruas pipa Kejayan-Purwosari selain mengalirkan gas bumi ke industri dan komersial, nantinya juga akan memasok gas bumi ke pelanggan usaha kecil menengah hingga rumah tangga. Pembangunan pipa gas bumi memang ditujukan untuk berbagai segmen pelanggan. Mulai dari industri juga ke usaha komersil seperti hotel, restoran bahkan ke mal, usaha kecil menengah (UKM), rumah tangga, dan pembangkit listrik.

Pasuruan memang kawasan yang berpotensi untuk berbagai jenis industri. Tidak kurang berbagai industri seperti makanan dan minuman berbasis buah mangga,  industri berbahan dasar susu, industri plastik, industri komponen otomotif dan tekstil akan diarahkan investasinya ke Pasuruan. Lahan kawasan industri exsisting di Pasuruan yang sudah siap digunakan sendiri seluas sekitar 400 ha. Hal ini menandakan besarnya potensi industri di Pasuruan. Secara bersamaan, kebutuhan akan energi murah dan ramah lingkungan untuk efektifitas kawasan indistri di Pasuruan juga sangat tinggi.

Setelah proyek ini selesai, PGN akan terus mengembangkan infrastruktur gas bumi di Pasuruan.  Dengan berbagai pembangunan perluasan jaringan gas bumi PGN ini, diharapkan kawasan industri di Pasuruan akan semakin ramah lingkungan dan efektif dalam hal biaya dengan penggunaan gas bumi sebagai energi baik yang juga ramah biaya.

 

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: bisnis.liputan6.comnews.detik.comindustri.bisnis.com

 

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s