Posted in Uncategorized

Gas bumi PGN jangkau lebih banyak pelanggan industri komersil

Perusahaan Gas Negara (PGN) menargetkan untuk menambah lebih dari 34 ribu pelanggan baru di Jawa Timur tahun ini. Penambahan pelanggan baru tersebut seiring dengan selesainya pembangunan infrastruktur pipa gas bumi sebagai energi baik di sejumlah wilayah. Penambahan pelanggan baru tersebut berasal dari berbagai segmen baik industri maupun rumah tangga. Industri-industri tersebut adalah 27 pelanggan industri besar, 54 komersial, 9.992 rumah tangga dalam program PGN Sayang Ibu, dan 24.000 rumah tangga lainnya dari penugasan pemerintah ke PGN.

Perluasan jaringan gas bumi PGN sebagai energi bersih ini tentu saja merupakan berita baik. Terutama karena adanya pembangunan kawasan industri baru dengan total luas hingga 5000 hektar yang telah disiapkan di 5 kota besar daerah timur pulau jawa. Beberapa kota tersebut adalah Gresik, Lamongan, Tuban, Mojokerto, dan Jombang. Perkembangan pesat akan dapat terlihat selama dua hingga lima tahun ke depan di beberapa kota tersebut.

Jumlah volume gas bumi yang dipasok PGN ke pelanggan di Jawa Timur pada di kuartal I tahun ini mencapai 130 Billion British thermal unit per day (BBTUD). Sektor terbesar yang mengonsumsi gas bumi dari PGN adalah industri makanan, sebesar 27 persen, disusul keramik 22 persen, kimia 15 persen, logam, dan gelas masing-masing sembilan persen. Kemudian disusul keramik, kimia, serta industri logam dan gelas yang mengalami kenaikan konsumsi gas saat kuartal I kemarin.

Di Jawa Timur sendiri, PGN sudah melayani penyaluran gas bumi sebanyak 20.777 pelanggan. Terdiri dari 454 pelanggan industri besar dan 212 usaha komersial seperti mal, kafe, restoran, serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Total rumah tangga yang telah dilayani mencapai 20.111 pelanggan. Dengan perluasan jaringan ini, kawasan industri di Jawa Timur, termasuk kawasan industri baru akan sangat diuntungkan. Dengan infrastruktur gas bumi sebagai energi baik yang murah, kegiatan industri akan menjadi semakin murah dan lebih ramah lingkungan.

 

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: jpnn.comantaranews.comnews.ralali.com

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Gas bumi PGN jangkau lebih banyak pelanggan industri komersil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s