Posted in Uncategorized

Ramadhan bersama para Lansia

Ketika sedang menulis tentang murahnya bikin kue lebaran dengan gas bumi PGN, tidak sengaja saya turut membaca berita tentang pemberian santunan lebaran di bulan Ramadhan yang dilakukan oleh PGN pada tahun 2014 lampau. Dengan semangat berbagi di bulan Ramadhan serta berbagi semangat energi baik dengan gas bumi, pada tanggal 14 Juli 2014, PGN SBU III memberikan santunan dan bingkisan lebaran kepada anak yatim di wilayah operasional PGN. Panti asuhan yang dibantu meliputi Kabupaten Langkat, Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang. Total santunan yang diberikan mencapai Rp 597.250.000. Tidak hanya itu, pada tanggal 18 Juli 2014 PGN kembali memberikan sumbangan bagi anak yatim dan dhuafa saat peringatan Nuzulul Qur’an pada bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah senilai Rp7 miliar. Santunan diberikan untuk wilayah SBU I PGN kepada 2.000 anak dari 100 yayasan di wilayah Jakarta, Palembang dan Cirebon. SBU II sebanyak 2.100 anak dari 70 yayasan di wilayah Surabaya, Pasuruan, Gresik dan Sidoarjo. SBU III sebanyak 2.000 anak dari 50 yayasan di wilayah Sumatra Utara, Pekanbaru dan Batam. SBU Transmisi sebanyak 2.000 anak dari 100 yayasan di wilayah Lampung. Secara keseluruhan pada kegiatan Ramadhan tahun 2014 ini PGN telah memberikan santunan kepada anak yatim/piatu dan dhuafa sebanyak 13.100 anak dari 570 yayasan. Bukan jumlah yang sedikit dan tentu saja sangat membantu para yatim piatu di berbagai panti asuhan yang mendapatkan bantuan tersebut.

Artikel tersebut membuat saya tergerak untuk melakukan aksi berbagi di bulan Ramadhan ini. Pikiran saya kemudian teringat kepada artikel yang baru-baru ini saya baca di Facebook. Para lansia di panti jompo Berkat Kasih Imanuel, Jakarta, harus hidup pada kondisi yang memprihatinkan. Sehari-hari untuk makan saja mereka kesulitan. Sehingga badan mereka pun bahkan terlalu lemah untuk beraktifitas. Mereka hanya akan bangun jika ada kebaktian Gereja. Untung saja beberapa dermawan mengetahui hal ini dan segera bertindak. Tak kurang dari 200 juta rupiah dapat dikumpulkan untuk membantu kehidupan para lansia ini.

Namun tidak semua panti jompo seberuntung itu. Masih banyak para lansia yang membutuhkan bantuan. Kondisi ini ternyata lazim di berbagai panti jompo di seluruh nusantara. Di Panti Sosial Tresnawerda, Kota Parepare, Sulsel, puluhan lansia hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Layanan kesehatan serta fasilitas hidup lainnya yang minim, makanan bergizi dan layanan kesehatan yang kurang, faktor kebersihan juga menjadi kendala tersendiri bagi para penghuni panti, membuat hidup mereka di usia senja menjadi menghibakan. Yang lebih menyedihkan, banyak ruang tidur atau kamar yang setiap hari digunakan para penghuni panti kondisi kebersihannya sangat jauh dari pola hidup sehat. Kotoran tersebar dimana-mana. Terlebih lagi kondisi WCnya yang sangat jorok. Padahal para penghuni Panti sangat rentan terjangkit penyakit.

Tidak hanya itu, nasib para lansia bahkan lebih dipersulit lagi dengan adanya peraturan Kartu Indonesia Sehat. Kementerian Sosial tidak memasukkan para lansia di panti jompo dalam skema Kartu Indonesia Sehat alias KIS. KIS hanya dibagikan bagi 86,4 juta masyarakat miskin yang terdaftar sebagai anggota keluarga.

Saya melihat belum banyak perhatian terhadap para lansia yang seharusnya kita rawat di hari tua mereka. Tidak ada salahnya kita juga memberikan perhatian baik kepada panti asuhan dan panti jompo, yang biasanya bahkan berdiri dan dikelola secara bersamaan. Saya bahkan membayangkan betapa menyenangkannya jika PGN dapat berbagi bersama para yatim piatu dan lansia secara bersamaan. Tentu mereka akan menghargai baik bantuan maupun kesempatan bersosialisasi tersebut. Dengan semangat gas bumi untuk swasembada energi dan pemberdayaan bangsa,

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber:manajemen.bisnis.comsumutpos.co,tribunnews.com,

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s