Posted in Uncategorized

Kue Lebaran murah meriah pakai gas bumi PGN

Selama bulan Ramadhan, permintaan untuk pesokan gas bumi PGN cenderung meningkat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh konsumsi masyarakat pada saat bulan Ramadhan cenderung naik terutama untuk industri yang bergerak di sektor makanan. Oleh sebab itu tidak heran jika pengeluaran untuk produksi dan konsumsi makanan menggunakan gas bumi juga ikut meningkat. Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, Hendi Prio Santoso menginformasikan, di Surabaya saja, berdasarkan data tahun 2012, selama Ramadhan hingga Lebaran konsumsinya diperkirakan naik sekitar 10-25 persen dibandingkan kondisi normal.

Meningkatnya konsumsi pada bulan puasa merupakan suatu fenomena konsumtif musiman. Peningkatan konsumsi dapat dilihat dari meningkatnya permintaan untuk produk – produk seperti sirup, kue, minuman kemasan, dan lain-lain. Alasan utama mengapa konsumsi meningkat selama Ramadan adalah acara buka bersama keluarga atau teman. Acara ini merupakan acara istimewa untuk saling silaturahmi dan harus dirayakan, salah satu caranya adalah dengan menyediakan berbagai makanan. Lebaran sama halnya dengan Natal, Paskah dan lainnya, dirasa oleh masyarakat Indonesia perlu dirayakan dengan sesuatu yang lebih istimewa.

Bulan Ramadhan sesungguhnya dapat menjadi ladang keuntungan yang besar bagi banyak orang. Dengan meningkatnya permintaan makanan dan kue lebaran, gas bumi PGN yang hemat dan murah dapat menjadi solusi untuk menekan biaya produksi. Sehingga, keuntungan dari penjualan kue yang meningkat di bulan Ramadhan dapat menjadi berlipat ganda.

Salah satu UMKM yang telah menikmati keuntungan gas bumi PGN adalah pemilik usaha kue Die Va Cake & Cookies, Elfa Susanti, warga Kampung Kue, Rungkut Lor, Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya, produksi kue Elfa seperti pie, soes, lemper, ketan srikaya hingga putri mandi mengeluarkan biaya bahan bakar LPG sebesar Rp700.000- Rp900.000 per bulan. Sejak beralih ke gas bumi PGN pada 4 tahun lalu, biaya tagihan untuk penggunaan energi baik ini hanya Rp250.000/bulan. Lebih jauh, Elfa menyatakan bahwa gas bumi PGN telah berperan besar dalam kesuksesannya. Di bulan Ramadhan ini, bisa dipastikan meningkatnya penjualan kue lebaran dan hematnya biaya produksi karena gas bumi PGN akan menghasilkan keuntungan yang sangat menggembirakan bagi Elfa.

Saat ini, sudah ada lebih dari 1.857 pelanggan dari usaha kecil, mal, restoran hingga hotel, yang telah menikmati gas bumi dari PGN. Bisa dibayangkan betapa besar keuntungan ekonomi yang dapat dihasilkan dari penggunaan gas bumi PGN yang murah, dan hemat untuk usaha kue lebaran di bulan Ramadhan.

Gas bumi PGN juga dapat menjadi solusi bagi banyak konsumen yang ingin menekan pengeluaran untuk biaya makanan yang cenderung meningkat dengan banyaknya jamuan dan perayaan selama bulan Ramadhan. Dengan pengeluaran rata-rata untuk satu keluarga di bawah Rp 30.000,00/bulan, pada hari biasa, bandingkan dengan pengeluaran gas LPG yang dapat mencapai sampai Rp 60.000,00/bulan. Saat ini terdapat lebih dari 107.690 rumah tangga yang telah menikmati gas bumi PGN. Diharapkan, dengan ekspansi PGN, makin banyak masyarakat yang dapat menikmati hematnya gas bumi PGN di bulan Ramadhan.

Selain itu, di luar faktor ekonomi, penggunaan energi baik pada bulan Ramadhan dimana penggunaan bahan bakar menjadi semakin besar juga sangat membantu lingkungan. Lagipula, bukankan pelestarian alam adalah salah satu hal yang diharuskan oleh agama?  Mari kita manfaatkan energi baik ini.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: antarajatim.comaktual.comkompasiana.commerdeka.com

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Kue Lebaran murah meriah pakai gas bumi PGN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s