Posted in Uncategorized

PGN dan Bumi yang lebih Hijau

Permasalahan lingkungan hidup di Bumi yang kita tinggali ini, semakin hari semakin mengkhawatirkan. Perusakan alam oleh manusia semakin meresahkan dan seperti tidak terbendung. Untungnya, sebagian pihak cukup peduli untuk membuat aksi-aksi pelestarian alam serta mendengungkan kesadaran lingkungan. Salah satu yang paling banyak menjadi kekhawatiran terbesar masyarakat dunia adalah semakin tergerusnya lahan-lahan hijau di Bumi ini. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyatakan, di Indonesia sendiri, 24 juta hektar lahan dalam kondisi kritis.

Hari minggu lalu, pada tanggal 5 Juni 2016, masyarakat sedunia merayakan Hari Bumi. Banyak pihak merayakannya secara individu atas kesadaran sendiri maupun organisasi dan badan-badan besar melalui acara-acara dan kegiatan untuk kesadaran lingkungan hidup. Salah satunya adalah program penanaman bibit di kompleks Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo, Jumat siang tanggal 13 Mei. Program ini adalah salah satu realisasi dari program Green Campus pemerintah dan telah berhasil menggandeng ratusan perguruan tinggi dan berbagai sekolah mulai dari sekolah menengah hingga sekolah dasar untuk peduli dengan menyediakan dan menanam bibit untuk membantu percepatan penghijauan di lahan kritis. Diharapkan kampus dan sekolah menerapkan penanaman bibit pohon bagi setiap mahasiswa atau siswanya. Per tahun rata-rata tercatat ada lebih dari 4 juta orang terdaftar sebagai mahasiswa di Indonesia. Jika setiap mahasiswa diharuskan menanam satu pohon sebagai syarat kelulusan, maka peran serta perguruan tinggi di Indonesia akan semakin nyata dalam program pelestarian alam, yakni dengan penanaman jutaan pohon baru setiap tahun.

PGN adalah salah satu perusahaan negara yang memperhatikan permasalahan lingkungan hidup. Selain dengan upaya penggunaan energi baik melalui gas bumi, PGN juga peduli akan penghijauan lingkungan di seluruh Indonesia. Banyak aksi lingkungan hidupnya memberikan perhatian besar pada aksi penghijauan yang merupakan salah satu realisasi dari program energi baik.

Melalui Program Bina Lingkungan dan Program TJSL, PGN merealisasikan kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Program ini lebih berupa upaya edukasi, partisipasi dan bantuan dengan tujuan tumbuh dan berkembangnya kesadaran masyarakat luas akan arti penting kelestarian alam bagi kehidupan masa kini maupun generasi mendatang. Total dana yang PGN gunakan untuk tahun 2013 mencapai sejumlah Rp 7,76miliar atau sekitar USD.637.560,39 dengan berbagai kegiatan yang PGN lakukan dalam rangka Bina Lingkungan dan TJSL, meliputi:

  • Program penanaman 488.175 pohon pada kawasan hutan Sentul eco-edu-tourism forest di lahan seluas 709 Ha, Sentul-Bogor, Jawa Barat
  • Program penanaman 2.500 pohon di Sidoarjo, Jawa Timur
  • Program penanaman 10.000 pohon di kawasan wisata Kasongan, Yogyakarta.

Salah satu contoh lain dari wujud nyata kepedulian PGN akan lingkungan hidup khususnya penghijauan adalah program Mitra Binaan PGN untuk Negeri. Pada program ini, PGN bersama UKM Mitra Binaan mendorong penghijauan di kawasan Desa Kasongan, Yogyakarta, dengan cara melakukan penanaman bibit pohon di kesempatan acara Kasongan Art Festival (KAF) III 2013. Sebanyak 10.000 bibit yang berasal dari bantuan PGN dan Panitia KAF ditanam pada hari itu. Adapun jenis bibit pohon yang akan ditanam yaitu jenis keras seperti Jati, Jinitri, Albasia, Damar, Kelengkeng, Jambu, Rambutan, dan lain-lain dengan ukuran 70-100 cm. PGN merupakan BUMN satu-satunya yang berperan serta dalam KAF di setiap tahun. Bibit pohon yang diberikan akan digunakan untuk menghijaukan desa Kasongan dan sekitarnya

KAF sendiri memiliki sejumlah tujuan antara lain, mengembangkan dan melestarikan lingkungan yang sejuk dan rindang sehingga terjaganya suatu ekosistem kehidupan yang seimbang, mendukung Program Kali Bersih yang telah dicanangkan oleh Pemerintah, menyadarkan masyarakat menjaga kebersihan air sungai Bedog, menciptakan mata rantai ekonomi kreatif, mempercantik lokasi wisata alam, meningkatkan ekonomi masyarakat perajin Kasongan dan meningkatkan devisa negara.

Selain itu, pada tahun 2012 PGN pernah menggelar acara Green Campaign di Parkir Timur Senayan, Jakarta sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan memperingati hari lingkungan hidup sedunia pada tahun 20. Acara ini diawali oleh kegiatan Fun Bike dengan rute Senayan menuju Bunderan Hotel Indonesia dan kembali ke Senayan. Green Campaign, kemudian dilanjutkan dengan pembagian 2.000 bibit tanaman kepada para peserta. Langkah ini sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian alam. Kemudian ada aksi teatrikal bertema Save The Earth dalam bentuk humanoid art yang dilakukan di bundaran Hotel Indonesia yang juga sekaligus dibagikan gelang “Peduli Bumi” kepada seluruh peserta.
Pada tahun 2013, PGN juga telah menaman pohon pada areal sekitar bekas galian pipa transmisi, distribusi maupun area kantor pendukung operasi. Jumlah pohon yang ditanam adalah sekitar 500.675 pohon, dengan lokasi penanaman di sekitar Serang, Bogor, Pasuruan, Bekasi, Jakarta, Lampung, Pagar Dewa, Palembang dan Banyu Asin

PGN secara konsisten menjalankan program lingkungan hidupnya dan selama ini telah memberikan dukungannya untuk penanaman pohon diberbagai wilayah operasi perusahaan, seperti penanaman bibit Mangrove di Jakarta Utara sejumlah 11.374 bibit, dan 5.000 bibit di Pasuruan, serta upaya penghijauan di sekitar kampus IPB dan wilayah lainnya. Sehingga total realisasi pohon yang telah ditanam sampai dengan 2011 mencapai 1.997.155 pohon dengan total biaya realisasi program bina lingkungan untuk pelestarian alam sampai dengan Maret 2012 lebih dari 11 miliar pohon. Kedepannya, diharapkan makin banyak program PGN untuk lingkungan hidup, khususnya program penghijauan. Lebih banyak pohon yang ditanam di Bumi ini, semakin cerah masa depan Bumi.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: voaindonesia.comberitasatu.comneraca.co.idinfopublik.id

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

2 thoughts on “PGN dan Bumi yang lebih Hijau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s