Posted in Uncategorized

Ulasan Tulisan Fahrudin Mualim: Sekilas Tentang Keamanan Pekerja Pada Peresmian Infrastruktur Gas Bumi di Batam

 

Kali ini saya ingin memberikan ulasan untuk tulisan “Peresmian infrastruktur gas di Batam: manfaatkan Energi gas bumi, ekonomi Indonesia bergeser menuju lebih baik 2″ yang ditulis oleh Fahrudin Mualim. Saya tertarik dengan tulisan ini karena menyinggung soal keselamatan kerja dan peran PGN sebagai salah satu perusahaan negara yang memiliki integritas tinggi dalam memperhatikan keselamatan dan keamanan pekerjanya.

Tulisan Fahrudin ini membahas mengenai peresmian tiga proyek pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) yang dilakukan bersamaan di Batam pada 30 Januari 2015 silam. Pada acara yang dihadiri oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, sempat disinggung berbagai topik perihal perbaikan ekonomi Indonesia, pergeseran pengelolaan sumber daya Indonesia, serta penentu kesuksesan sumber daya Indonesia kedepannya yaitu tingkat pendidikan atau pengetahuan sumber dayanya yang baik.

Satu hal yang paling menarik dari kata sambutan tersebut seperti yang ditulis oleh Fahrudin, adalah pernyataan Menteri Sudirman Said mengenai budaya menjaga keselamatan kerja di Indonesia. Di dalam tulisan tersebut Menteri Sudirman sempat marah kepada teman-teman di PT Freeport, karena walaupun perusahaan tersebut adalah perusahaan global, namun dalam tiga tahun terakhir terdapat berita bahwa 50 orang pekerjanya meninggal saat bekerja. Lebih disayangkan lagi karena kecelakaan terjadi akibat kelalaian belaka. Kecelakaan yang terjadi bukan pada pekerjaan dengan tingkat risiko tinggi seperti pertambangan bawah tanah, namun karena masalah ringan, yakni kendaraan ringan yang tertabrak kendaraan berat. Hal tersebut sebetulnya dapat dihindari.

Untungnya, PGN terbukti unggul dalam memperhatikan keselamatan pekerjanya yang memegang peranan penting dalam pengelolaan gas bumi sebagai sumber daya Indonesia dan memiliki signifikansi dalam perkembangan ekonomi Indonesia kedepannya. Terbukti dalam kondisi iklim keselamatan dan keamanan pekerja yang masih belum dapat dibilang baik ini, PGN justru mendapat penghargaan ASEAN Occupational Safety and Health Network (ASEAN-OSHNET), karena dalam 3 tahun berturut-turut, yaitu tahun 2013 hingga 2015 tidak pernah terjadi kecelakaan kerja (zero incident). 

Sejalan dengan perhatian Menteri Sudirman mengenai pentingnya pengembangan kualitas, pengetahuan dan skill dari sumber daya manusia di Indonesia, menurut saya, kita tidak dapat terlepas dari hal yang paling utama dulu, yaitu keselamatan dan keamanan pekerja. Saya turut senang dengan pernyataan beliau pada artikel Fahrudin, bahwa tingkat pendidikan atau pengetahuan, serta skill masyarakat Indonesia saat ini menurutnya patut untuk disyukuri karena selama 60 tahun membangun, semakin banyak putra-putri bangsa yang memiliki kapasitas global. Namun, jika dalam hal keselamatan pekerja saja kita masih kedodoran, bagaimana kita bisa menghargai sumber daya manusia secara seutuhnya? Seharusnya kita memberikan perhatian kepada sumber daya manusia Indonesia secara lebih menyeluruh, sehingga tidak hanya kita meningkatkan kualitasnya, namun juga memperhatikan harkat hidupnya.

Pekerja bukan hanya penghasil uang dan penggerak roda ekonomidi Indonesia, namun juga manusia yang kebutuhan, keselamatan dan keamanannya sudah selayaknya dipehatikan. Jika Indonesia ingin menjadi bangsa yang memiliki kesadaran kemanusiaan yang tinggi, kita harus mulai serius memperhatikan masalah keselamatan pekerja. Dalam hal ini PGN telah mulai memberikan contoh yang baik. Dengan kesadaran dan standart yang tinggi akan keselamatan dan keamanan lingkungan kerja, mereka mampu menghindari kecelakaan pekerja secara maksimal. Saya harap perusahaan lain mulai mau mencontoh upaya PGN ini sehingga standart keamana pekerja di Indonesia sampai pada tingkat yang membanggakan secara global. Jika hak keselamatan pekerja yang mendasar telah kita penuhi, maka peningkatan kualitas pengetahuan dan keahlian sumber daya manusia di Indonesia pun akan dapat dengan lebih baik ditingkatkan. Jika harkat hidup pekerja tinggi, kualitasnya juga baik, menurut saya hal ini akan berpengaruh secara langsung pada perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

 

Artikel ini untuk merespon tulisan Fahrudin Mualim di fahrudinmualim.blogspot.co.id

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber:  youtube

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Ulasan Tulisan Fahrudin Mualim: Sekilas Tentang Keamanan Pekerja Pada Peresmian Infrastruktur Gas Bumi di Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s