Posted in Uncategorized

Three time’s a charm untuk Gas Bumi dari Kilang Tangguh

Three time’s a charm adalah kiasan yang sangat cocok menurut saya untuk pengiriman gas bumi dari Kilang Tangguh ke FSRU Lampung untuk yang ketiga kalinya ini. Kiasan ini mengutarakan bahwa kali ketiga adalah kesempatan yang membawa keberuntungan. Dengan pengiriman ketiga kalinya ini, dapat dipastikan bahwa akan lebih banyak gas bumi dapat dipasok kepada masyarakat.Saya harap dengan pengiriman ketiga kalinya ini, perbaikan dan peningkatan pasokan gas bumi dan penyediaan energi terbarukan dapat berjalan semakin baik.

Direktur Utama PT PGN LNG Indonesia, Mugiono, mengungkapkan bahwa Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung akan kembali menyerap satu kargo Liquified Natural Gas (LNG) tambahan dari kilang Tangguh di Papua. Kargo ketiga ini akan diserap dari total 8 kargo LNG yang dialokasikan dari Kilang Tangguh tahun ini. Satu kargo LNG setara dengan 137.700 meter kubik. Gas bumi tersebut akan didistribusikan ke pelanggan PGN di Jawa bagian Barat dan Sumatera bagian Selatan. Kargo LNG ketiga tersebut dijadwalkan datang pada tanggal 26 Mei 2016 mendatang.

Melihat pengiriman gas bumi yang hanya berselang kurang lebih sebulan, kemampuan pengelolaan dan kapasitas penyediaan gas bumi oleh PGN pasti akan meningkat. Jika intensitas pengiriman gas bumi ini berlangsung secara terus-menerus, bahkan jika hanya dari Kilang Tangguh, pasokan gas bumi yang dapat dinikmati oleh masyarakat dapat meningkat secara signifikan. Bisa dibayangkan jika akhirnya pengiriman dapat diterima dari berbagai kilang gas bumi lain.

Jika penyerapan gas bumi untuk dikelola oleh FSRU Lampung dapat konsisten, terlebih lagi jika dapat meningkat sedikit demi sedikit dengan adanya sumber kilang lain, ini akan memberikan kontribusi besar bagi pasokan gas bumi nasional. Pada akhirnya, bukan tidak mungkin swasembada energi yang ditaergetkan oleh Presiden Joko Widodo dapat tercapai.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi )

Sumber: jitunews.com

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s