Posted in Uncategorized

Nonocan: Nongkrong-nongkrong cantik ngobrolin Gas Bumi

Kalau kita membayangkan kehidupan sosial dewasa ini, baik media sosial maupun acara hang out, mungkin tidak banyak yang akan teringat dengan gas bumi. Namun, kini akan ada tempat nongkrong hasil kerjasama pemkot Bandung dan PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) yang akan dapat mengakomodir aktifitas-aktifitas sosial warga Bandung.

Gedung milik PGN  di Jalan Braga akan dijadikan pusat inovasi kreatif warga kota Bandung. Gedung antik berarsitektur era penjajahan Belanda ini juga akan disulap menjadi tempat pameran kreativitas yang akan dikelola bersama dengan Pemkot Bandung. Bangunan tua dengan gaya arsitektur Belanda tersebut akan menjadi ruang kreatif untuk warga Bandung. Bangunan tersebut dapat dipergunakan untuk aktivitas kreatif, tempat eksibisi kreatif, pameran rutin, dan tempat nongkrong. Gedung ini juga bisa digunakan sebagai tempat co-working bagi yang tak memiliki kantor dan memerlukan tempat.

PGN juga mempersilakan lahannya untuk digunakan menjadi Innovation Center. Diharapkan dengan hadirnya Innovation Center akan melahirkan inovator baru di Kota Bandung. Pemkot Bandung menganggarkan Rp 7,6 miliar untuk menghadirkan peralatan canggih di pusat inovasi tersebut. Akan ada peralatan hi-tech dan canggih seperti 3D printer, laser cutting, wood working machine, instrumen robot dan lainnya.

Yah, mungkin saya berimajinasi terlalu jauh jika warga Bandung akan nongkrong-nongkrong cantik dan ngobrol tentang gas bumi. Mungkin lebih tepatnya banyak warga yang dapat menggunakan sarana ini untuk networking dengan pekerja freelancing atau startup business lainnya, foto-foto dan upload foto bersama intrumen robot lalu upload ke Instagram, atau mungkin jalan-jalan santai saja sambil cuci mata melihat pameran. Namun menurut saya, sarana ini sebenarnya adalah kesempatan yang baik untuk memberikan informasi mengenai gas bumi dan energi terbarukan yang dikelola oleh PGN dengan cara yang ringan. Bukan tidak mungkin kedepannya tempat ini dapat menjadi pusat energi terbarukan dan gas bumi beserta pameran inovasi yang berhubungan dengan gas bumi. Sehingga, warga Bandung bisa benar-benar memanfaatkan ruang publik ini untuk keperluan rekreasi, edukasi dan mungkin, untuk nongkrong-nongkrong cantik ngobrolin gas bumi.

 

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi )

Sumber: rmol.conews.detik.com

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Nonocan: Nongkrong-nongkrong cantik ngobrolin Gas Bumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s