Posted in Uncategorized

PGN: Captain Zero Incident

Masih berbicara mengenai kemenangan PGN untuk ASEAN Occupational Safety and Health Network (ASEAN-OSHNET) pada 27 April 2016 lalu yang dapat tercapai karena dalam 3 tahun berturut-turut (2013-2015) PGN tidak pernah mengalami kecelakaan kerja (zero incident). Saya ingin mengupas lebih lanjut mengenai hak asasi buruh itu sendiri dan nilai-nilai PGN serta realisasinya dalam menjamin hak-hak tersebut.

Perusahaan sejatinya mengutamakan keselamatan pekerjanya, seperti layaknya seorang superhero menjaga dan memperjuangkan orang-orang yang berada di bawah tanggung jawabnya. Namun, kenyataannya kematian pekerja akibat kecelakaan dan penyakit kerja di dunia masih tinggi, terutama di negara berkembang. Perlindungan kecelakaan dan kesehatan kerja penting karena mempengaruhi keselamatan, kesehatan, produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja. Menurut data organisasi buruh internasional (ILO) yang dilepas pada Hari Keselamatan dan Kesejatan Kerja se-Dunia, 28 April, bahwa setiap tahunnya lebih dari 2 juta pekerja meninggal dunia akibat kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Setiap tahun kecelakaan kerja terjadi 270 juta kasus dan penyakit karena kerja 160 juta kasus di seluruh dunia.

Sejak tahun 1950, Indonesia telah terdaftar menjadi anggota International Labour Organization (ILO), yang merupakan badan resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selama kurun waktu sampai sekarang, Indonesia telah meratifikasi 8 Konvensi Inti ILO (Core ILO Convention) yang merupakan hak-hak mendasar pekerja. Namun demikian, ratifikasi konvensi ILO yang dalam hukum Indonesia dimasukan dalam Undang-Undang, tidak berarti pelaksanaannya telah berjalan dengan baik. Berbagai pelanggaran atas undang-undang perburuhan masih banyak terjadi dan dalam konteks ini, maka fungsi serikat buruh menjadi sangat penting untuk mengawasi dan mendorong pelaksanaan dengan baik konvensi-konvensi tersebut.

Salah satu kisah sukses PGN juga terlihat pada PT Gagas Energi Indonesia yang mencerminkan kinerja dan integritas PGN. PT Gagas Energi Indonesia adalah salah satu anak perusahaan dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero), Tbk yang bergerak dalam penyedia energi bidang gas bumi dan turunannya. Berdasarkan komitmen yang tinggi PT Gagas Energi Indonesia menerapkan zero incident pada setiap kegiatannya dengan menaati dan melaksanakan Kebijakan Keselamatan, Kesehatan dan Pengelolaan Lingkungan. Dalam setiap kegiatan pekerjaannya PGN mengedepankan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sehingga tidak terjadi kecelakaan atau zero incident. PT Gagas Energi Indonesia menetapkan kebijakan sebagai berikut:

  1. Menyediakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi pekerja dan pelanggan.
  2. Mematuhi perundang-undangan dan persyaratan lainnya yang berkaitan dengan K3PL, serta mengintegrasikan ke setiap kegiatan pekerjaan.
  3. Melakukan identifikasi resiko kepada setiap aktivitas yang akan dilakukan.
  4. Melakukan investigasi terhadap setiap kejadian kecelakaan kerja serta pencemaran lingkungan dan memastikan tindaklanjut hasil temuan sebagai tindakan pencegahan.
  5. Mengimplementasikan Sistem Manajemen Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Pengelolaan Lingkungan.
  6. Mengkomunikasikan kebijakan ini kepada semua pekerja baik internal dan eksternal.

Dalam waktu dekat PGN juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, karena aktif menyelenggarakan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS) di tempat kerja sejak 2014-2015. Penghargaan yang diberikan Kemenaker ini akan diberikan pada 18 Mei mendatang dengan kategori Platinum.

Melihat fakta-fakta di atas, PGN rasanya layak dipanggil sebagai Captain Zero Incident. Superhero bagi pekerja yang berada di bawah naungannya. Saya harapkan PGN dapat terus meningkatkan OSH-nya dan menjadi contoh bagi keselamatan/keamanan tenaga kerja di Indonesia maupun negara-negara ASEAN. Sehingga tidak hanya satu penghargaan saja yang dapat dimenangkan oleh OGN, namun berulang kali dan terus menerus sehingga muncul kesadaran lebih dari perusahaan-perusahaan lain di Indonesia khususnya dan negara-negara ASEAN untuk perlindungan ketenaga-kerjaan.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: tribunnews.comgagas.co.id,  k3-community.blogspot.co.idkabarburuh.com

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s