Posted in Uncategorized

Sekilas dari pergantian pimpinan PGN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk., kembali mengubah susunan dewan komisaris setelah pada 4 April 2015 silam dirombak. Hal tersebut diputuskan dan menjadi salah satu butir keputusan yang diambil melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) ‎yang digelar pada Senin tanggal 6 April 2015 lalu di salah satu hotel di Jakarta. Para pemegang saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sepakat mengganti hampir semua anggota dewan komisaris.  Namun mereka masih mempertahankan dewan direksi lama dengan Direktur Utamanya Hendi Prio Santoso. Dari enam anggota dewan komisaris lama, hanya Zamkhani yang masih dipertahankan. Sementara susunan dewan direksi tidak mengalami perubahan. Selain itu, RUPS tersebut juga memutuskan pembagian dividen sebesar Rp 144,84 per saham.

Namun PT. PGN kemudian menerima surat pengunduran diri dari anggota dewan komisaris, Muhammad Zamkhani. Pengunduran diri tersebut secara otomatis membuat yang bersangkutan berhenti sebagai dewan komisaris PGN. Penjelasan mengenai hal tersebut turut disertakan dalam konferensi pers di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Jumat tanggal 8 April 2016 mengenai pemberhentian beberapa komisaris dengan hormat karena permintaan pengunduran diri.

Menurutnya, Muhammad Zamkhani yang merupakan anggota komisaris PGN telah diangkat sebagai anggota direksi PT Asuransi Jiwasraya (Persero), yang berlaku efektif sejak dinyatakan lulus dalam uji kepatutan dan kelayakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 23 Desember 2015. Pemberhentian tersebut akan dikukuhkan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) PGN.

Zamkhani tercatat lahir di Magelang pada 13 November 1966. Dia bergabung pertama kali dengan PGN sebagai Komisaris sejak 22 Mei 2012. Dia menamatkan pendidikan sarjana akuntansi di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Kemudian lulus sebagai MBA Finance Rutgers University Amerika Serikat. Dia menjabat terakhir sebagai Deputi Bidang Usaha Industri Primer Kementerian BUMN sampai dengan sekarang. Dasar hukum penunjukan pertama kali sebagai Komisaris PGN adalah Keputusan RUPS Tahunan 2012 pada 22 Mei 2012.

Salah satu fakta menarik lainnya, dalam RUPST tersebut, para pemegang saham mengganti komisaris utama yang juga mantan relawan Joko Widodo, yakni Iman Sugema dengan Deputi BUMN yakni Fajar Harry Sampurno. Total terdapat dua orang anggota tim sukses Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang kembali mendapatkan jabatan di badan usaha milik negara (BUMN). Mereka adalah, Iman Sugema yang menjadi komisaris utama dan Paiman Rahardjo menjadi komisaris di perusahaan berkode saham PGAS itu.

Iman merupakan ekonom dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Dirinya merupakan salah satu tim ekonomi Jokowi-Jusuf Kalla dalam penyusunan visi misi ekonomi pemerintahan saat ini. Selain itu, Iman dikabarkan telah membantu Jokowi menyediakan data-data saat melakukan debat calon presiden dengan tema perekonomian waktu itu. Sementara Paiman merupakan Sekretaris Jenderal Rumah Koalisi Indonesia Hebat saat Pemilihan Presiden ‎2014.

Selain itu, pemegang saham juga mengangkat Deputi Sekretaris Wakil Presiden Jusuf Kalla yakni Tirta Hidayat, Mohammad Ikhsan, dan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja, sebagai komisaris. Berikut adalah susunan akhir dari pimpinan PGN yang telah ditunjuk oleh para pemegang saham PGN:

Susunan komisaris PT PGN:
Komisaris Utama Independen: Iman ‎Sugema
Komisaris: Tirta Hidayat
Komisaris: Mohammad Ikhsan
Komisaris Independen: Paiman Rahardjo
Komisaris: IGN Wiratmaja Puja
Komisaris: M. Zamkhani

Susunan direksi PT PGN:
Direktur Utama: Hendi Prio Santoso
Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko: M Wahid Sutopo
Direktur Pengusahaan: Jobi Triananda Hadjim
Direktur Teknologi dan Pengembangan: Djoko Saputro
Direktur Keuangan: M. Riza Pahlevi Tabrani
Direktur SDM dan Umum: Hendi Kusnadi

Sedangkan di bawah ini adalah susunan pimpinan Dewan Komisaris lama:

Komisaris Utama Iman Sugema
Komisaris Mohamad Ikhsan
Komisaris Tirta Hidayat
Komisaris Wiratmaja Puja
Komisaris Kiswodarmawan
Komisaris Independen Paiman Rahardjo

 

Tulisan ini disumbangkan untuk situs Si-Nergi

Sumber: bisniskeuangan.kompas.commarket.bisnis.competrominer.co.ideconomy.okezone.combisnis.liputan6.compublicapos.co.idpalembang.tribunnews.comfinance.detik.com

 

 

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s