Posted in Uncategorized

Kemenangan PGN di kancah regional

Pada tanggal 27 April 2016 hari Rabu lalu PGN membawa nama baik Indonesia dengan memenangkan ASEAN Occupational Safety and Health Network (ASEAN-OSHNET). Penghargaan ini diberikan karena dalam 3 tahun berturut-turut yaitu tahun 2013 hingga 2015 tidak pernah terjadi kecelakaan kerja (zero incident). Penghargaan tersebut diberikan di acara 1st ASEAN-OSHNET Awards Ceremony and 3rd ASEAN-OSHNET Conference, di Hotel Royal Lotus, Da Nang, Vietnam. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Deputy Minister of Labour, War Invalids and Social Affair (MoLISA) Vietnam, Doan Mau Diep.

ASEAN-OSHNET berawal pada Program ILO (Internasional Labour Organization) untuk peningkatan kondisi kerja dan Lingkungan (Programme for the Improvement of Working Condition and Environment (PIACT), yang diluncurkan pada tahun 1976. Pada seminar ILO yang diselenggarakan pada tahun 1984 untuk negara-negara ASEAN, direkomendasikan untuk mendirikan pusat regional untuk mendata dan menyebarkan informasi di ASEAN dan mengelola penelitian dan pelatihan peningkatan kondisi dan lingkungan kerja.

Gagasan membangun jaringan program untuk meningkatkan kondisi kerja tersebut disetujui pada Pertemuan Kelompok Kerja Teknis Buruh ASEAN yang pertama. Kemudian proposalnya disetujui pada Pertemuan Kementerian Buruh negara ASEAN ke 5 yang diselenggarakan di Manila pada saat yang sama.

Program ASEAN-OSHNET ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan keterampilan keselamatan kerja dan kesehatan lingkungan kerja (OSH) bagi semua pihak terkait. Dengan menerapkan efek penyebaran, diharapkan akan mendorong dan memotivasi masyarakat industri, termasuk usaha kecil dan menengah untuk melaksanakan OSH di tempat kerja mereka dengan baik dan meningkatkan kondisi kerja mereka. Upaya ini akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk promosi pengembangan sumber daya manusia, dan penciptaan tenaga kerja yang produktif dan kompetitif, sebagai salah satu komponen penting dari Hanoi Plan of Action.

Dengan memenangkan penghargaan ini, PGN telah membawa nama baik Indonesia di kancang regional kawasan negara-negara Asia Tenggara. Integritas PGN, sebagai salah satu perusahaan negara di Indonesia diakui memiliki kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja dengan standar tinggi. Diharapkan prestasi ini mendorong iklim pengembangan sumber daya manusia dan tanggung-jawab perusahaan dalam menjamin keselamatan dan kesehatan pegawainya. Salut untuk PGN, salut untuk Indonesia dan harapan besar untuk masa depan tenaga kerja di Indonesia.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: finance.detik.comaseanoshnet.org

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s