Posted in Uncategorized

Hendi Prio Santoso: kepemimpinan yang bersih dan transparan

PT PGN kembali mengubah susunan dewan komisaris setelah pada 4 April 2015 silam melakukan perombakan. Namun yang menarik, Hendi Prio Santoso tetap kuat di posisinya sebagai Dirut PGN. Mengapa sosok ini begitu lekat di tampuk kepemimpinan PGN? Mungkin jawabannya terletak pada kredibilitas Hendi dan keinginan PGN untuk tetap bersih dan transparan walaupun ketika harus berlayar di arus yang kencang.

Hendi Prio Santoso  adalah alumnus BBA Keuangan dan Ekonomi dari Universitas Houston, Texas, Amerika Serikat. Pada tahun 2011 ia berhasil membawa PT. PGN dengan kinerja bagus dengan membukukan laba bersih sebesar Rp. 5,93 Triliun. Hendi Prio  bahkan berencana untuk membangun infrastruktur ke seluruh wilayah dengan membuat seperti jalur atau jalan tol untuk gas dari ujung Sumatera sampai Bali lewat pipa. Beliau juga bekerja sama dengan Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk menangani masalah bahan bakar gas bus Trans Jakarta.
Nama Hendi diperhitungkan karena Presiden Jokowi memiliki rencana Tol laut dan Hendi memahami serta sangat menguasai tentang Gas. Menurut salah seorang sumber, Hendi juga sangat kuat dan mampu menjadi pemimpin.

Nama Hendi Prio Santoso bahkan sempat muncul sebagai salah satu calon Dirut Pertamina, melawan sejumlah calon kuat lainnya. Nama-nama terkenal seperti Ignatius Jonan (Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia),  dan RJ Lino (Direktur Utama Pelabuhan Indonesia) disandingkan dengan Hendi.

Tokoh-tokoh tersebut  dinilai banyak kalangan telah berhasil melakukan transformasi di BUMN yang dipimpin. Jonan misalnya telah berhasil mengubah citra KAI, menjadi  perusahaan transportasi terdepan dan meningkatkan kinerja secara signifikan. Begitu pula Lino, yang telah berhasil mengubah Pelabuhan  Indonesia sebagai pelabuhan kelas dunia. Prestasi mereka tersebut diharapkan bisa menjadi modal untuk memimpin Pertamina yang telah mentargetkan pada 2025 produksinya setara dengan 2.2 juta barel per hari, dengan pendapatan USD200 miliar dan keuntungan USD40 miliar.

Namun, bahkan dengan sejumlah pesaingnya dengan latar belakang yang hebat, Hendi Prio Santoso masih dinilai paling bersih dan transparan sebagai calon Dirut Pertamina saat itu oleh sejumlah pengamat. Tidak heran PGN-pun tidak ingin melepas kepercayaan kepada Hendi Prio Santoso sebagai Dirut utamanya saat ini.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk situs Si-Nergi

Sumber: jakartasatu.com, marketbisnis.com

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

One thought on “Hendi Prio Santoso: kepemimpinan yang bersih dan transparan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s