Posted in Uncategorized

LNG PGN murah, rakyat sumringah

Menilik dari artikel-artikel mengenai pengiriman kargo ke-dua FSRU Lampung untuk mencapai swasembada energi, mengimplikasikan adanya peningkatan upaya pemenuhan energi secara signifikan di Indonesia yang diinisiasi oleh PGN. Pemenuhan energi yang efektif dan dilaksanakan secara besar tentu saja menghasilkan biaya yang semakin murah. Hal ini tentu merupakan fakta yang menggembirakan untuk rakyat Indonesia.

Dengan tingkat harga saat ini, LNG adalah alternatif yang lebih murah daripada bahan bakar minyak bumi. Karena LNG dapat dikirimkan antar pulau dan dapat digunakan untuk berbagai penggunaan seperti gas multi guna, pembangkit listrik, transportasi tanah dan laut, LNG adalah solusi energi bagi Negara kepulauan seperti Indonesia. LNG dapat mengurangi ketergantungan kita pada minyak bumi dan menghemat biaya bahan bakar lain.

Sejumlah besar cadangan gas alam di seluruh dunia dapat ditemukan di daerah-daerah dimana tidak terdapat pasar yang signifikan untuk gas alam atau sumber gas alamnya jauh melebihi permintaan lokal atau regional, atau kapasitas dan fasilitas pipa gas alamnya terbatas. Cadangan hidrokarbon tersebut tak terjamah di Afrika Utara,  Afrika Barat, Amerika Selatan, Karibia, Timur Tengah, Malaysia, Northwestern Australia dan Alaska dan juga di Indonesia. Beberapa gas alam yang dihasilkan dari sumber daya ini dicairkan untuk pengiriman ke daerah-daerah di mana penggunaan gas alam melebihi pasokan lokal.

Peningkatan produksi ini dimungkinkan karena adanya penurunan yang signifikan pada biaya per unit LNG. Analisis IEA (Badan Energi Dunia) menunjukkan bahwa total biaya untuk proyek LNG baru akan menurun sekitar 40 persen jika dibandingkan dengan pertengahan tahun 1990-an sampai 2010-an dengan pengurangan biaya terbesar terlihat pada proyek-proyek untuk perluasan fasilitas yang ada dan untuk membangun unit-unit pengolahan yang lebih besar.

Biaya pencairan atau likuifikasi telah berkurang selama 20 tahun terakhir karena unit pengolahan yang  lebih efisien, dan dengan perkembangan terbaru yaitu peningkatan kapasitas kapal  sebanyak 30persen jika diukur dengan kapal berkapasitas 20.0000 meter kubik. Dengan perkembangan-perkembangan ini, LNG menjadi lebih mudah untuk dikirim dengan jarak yang lebih jauh daripada sebelumnya.

LNG merupakan solusi yang sangat tepat untuk mendapatkan energi yang relatif murah. Dengan FSRU Lampung yang merupakan terminal terapung dimana di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas untuk menampung LNG dan fasilitas untuk mengubah LNG menjadi gas (regasifikasi), pengangkutan LNG menjadi lebih mudah dan murah. FSRU Lampung memiliki kapasitas penampung LNG 170.000 m3 dan kemampuan regasifikasi 240 MMSCFD (juta kaki kubik per hari) yang diharapkan dapat meningkat kapasitasnya. Energi murah dan mudah diakses tentu akan sangat membantu hajat hidup rakyat Indonesia.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk situs Si-Nergi

Sumber: bisnis.liputan6.com, hawaiigas.combeg.utexas.eduengineerlive.com

Advertisements

Author:

Little universe in the big universe having a journey with other universes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s